nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Saat Ini Masyarakat Menunggu Aksi Rossi Kalahkan Lorenzo

 

ManiakMotor – Para penggemar atau masyarakat  MotoGP di Catalunya, Spanyol pada race Minggu 14 Juni 2015 menunggu aksi Valentino Rossi mengalahkan Jorge Lorenzo. Minimum duel ketatlah. Karena dalam tujuh kali perhelatan, keduanya belum pernah ‘tarik-tarikan’. Yang ada malah Lorenzo mengejar poin klasemen Rossi dari beda 29 sekarang tinggal 1 angka.

Di Catalunya nyaris itu terjadi. Karena Rossi dapat start dengan pas. Dia pun telah memprediksi pertarungan sebenarnya adalah 10 lap ke atas dengan prediksi kondisi kompon karet hitam. Sayang kecepatan kedua M1 ini sangat sama. Perhatikan analis lap by lap. Ketinggalan sikit saja, akan sulit mengejar. Lap by lap di akhir-akhir lap, memang Rossi lebih cepat, tapi hanya beda dua angka di belakang koma detik.  Fastest lap sih tetap Lorenzo.

Rossi yang punya jam terbang tinggi, tahu keadaan. Bila ia memaksa risikonya terlalu besar. “Saya start dari row 3. Sangat sulit dengan kecepatan sama untuk mengejar 1.5 detik ketika saya di posisi kedua. Tapi suatu saat saya akan bisa menangkap Jorge,” jamin Rossi yang sebenarnya dari wajahnya ada rasa tak enak diri bila bertempur habis-habisan dengan teman setimnya tersebut saat ini. Kan keduanya berjanji untuk menjaga hubungan karena sudah sama-sama dewasa. Kalee aja begitu. Jadi untuk sementara Lorenzo dikasih angin, hehe.

Menurut Rossi untuk bisa langsung bertempur dengan Lorenzo yang sedang on bangat itu, dia harus memperbaiki posisi gridnya lewat kualifikasi. Tapi itu katanya susahnya luar biasa, begitu banyak motor kencang di Q2. Yang kencang-kencang ini pakai ban ekstra lembut dari Open Class. Rossi di umurnya sekarang kurang cemerlang untuk adu nyali kebut di single lap, apalagi kualifikasi. Baginya yang penting sesi latihan menyusun strategi set-up untuk lomba. Tapi sekarang di lomba ada yang jadi penghalang yang bernama Lorenzo yang selalu di depannya ketika start. Sulit dikejar bila pakai strategi lama.

Apa pun alasan Rossi para penggemarnya ingin melihatnya bertarung dengan Lorenzo. Mereka ingin bukti, hehe, bukan janji, hehe (lagi). Becanda bro. Maksudnya ingin fakta skill Rossi masa kini. Apakah masih sama tangkas seperti pada  edisi 2008, 2009 dan 2010 di mana keduanya bersaing sengit saat itu. Ketika itu pun keadaan masih didikte Rossi, kecuali 2010.

Kesempatan ini kini terbuka yang dua-duanya pegang M1 yang telah kepegang oleh duet maut Yamaha. Itu M1 sedang ketemu enaknya. Ini motor antara kecepatan trek lurus dan tikungan seimbang. M1 sekarang tajam sembari halus masuk tikungan, di dalam tikungan bisa sampai miring bangat, dan akselerasi keluarnya juga kejam. Sudah dibilang tadi, saat lomba pace kedua M1 di Catalunnya sama kekuatannya. Tinggal jokinya. Bagi penggemar masing-masing, pastilah ingin andalannya yang menang. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Marquez Pasrah Saja, Motornya Memang Masalah

MotoGP 2015 Catalunya (Race): Lorenzo Juara, Rossi Kedua, Marquez Jatuh

MotoGP 2015 Catalunya (Warm Up): Lorenzo Tercepat, Ia Konsisten

BAGIKAN