nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Tak Pakai SSG, Suzuki Langsung Ampun di Garis Start

ManiakMotor – Catatan sejarah dicetak Suzuki. Itu hanya dalam 7 balapan sejak come back ke MotoGP musim ini, pole position dan runner-up di tangan mereka. Suzuki  1-2 di front row GP Catalunya. Sayang, hanya dalam dua detik posisi itu berantakan.

Kala lampu start dipadamkan, laju GSX-RR besutan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales langsung terlempar ke bagian tengah. Pada lap pertama posisi Aleix turun ke urutan 7 sedangkan Vinales terdampar ke posisi 14.

Apa yang terjadi? “Motor start dari diam pakai gigi 1, begitu pindah  ke gigi 2, saya langsung disalip pembalap lain karena motor kami belum pakai seamless shift gearbox (SSG) sebagaimana tim lain. Jarak dari garis start ke tikungan pertama lumayan jauh dan akselerasi kami tak memadai,” ucap Aleix menyoal SSG yang memang ampuh untuk memuluskan akselerasi itu.

Hal sama dari Vinales yang akhirnya bisa finish ke-6 melalui duel-duel hebat melawan Scott Redding dan Stefan Bradl. “Andai punya akselerasi di garis start mungkin aku bisa fight ke podium,” keluh Vinales, rookie yang baru tahun ini naik ke MotoGP.

Sekarang ini tinggal Suzuki yang belum pasang SSG pada girboks mereka. Seluruh pabrikan lain (Honda, Ducati, Yamaha, dan Aprilia) sudah memilikinya. Suzuki punya program untuk memperkenalkan  SSG barunya di Catalunya. Tapi urung dilakoni karena tim biru muda itu lebih mengutamakan up-grade mesin demi power yang mendesak.

Belum ada konfirmasi apakah Suzuki sudah bisa ngetes SSG anyar itu dalam sesi tes resmi pada Senin (15/6) ini atau masih fokus pada jeroan mesin lainnya. Sayang tesi Senin itu kurang maksimal, karena hujan deras. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya (Tes): Rossi dan Lorenzo Cuma Makan Siang, Sasis Baru Bisa Di Aragon

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Qatar Perpanjang Kontrak, Balapan Malam 10 Tahun Lagi

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Saat Ini Masyarakat Menunggu Aksi Rossi Kalahkan Lorenzo

BAGIKAN