nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Tes): Jatuh Pada ‘Lubang’ Sama, Aleix Marah dan Penasaran

 

ManiakMotor – Keledai saja tak ingin jatuh pada lubang yang sama. Apalagi rider profesional macam Aleix Espargaro yang baru saja bikin sensasi dan torehkan sejarah manis Suzuki.  Sensasi pole position di GP Catalunya berakhir tragis di R5 saat Aleix Espargaro tersungkur dan ndlosor ke gravel pada lap 20.

Statusnya langsung DNF. Itu salahnya sendiri yang terlampau ngotot kejar lawan setelah disalip kiri-kanan selepas start. Jelang tikungan 5 itu doski sedikit ubah racing line-nya. Melakukan pengereman semeter lebih dalam dari titik sebelumnya.

Eh, rupanya grip ban sudah berkurang sehingga  mlintir dan jatuhlah dirinya. “Saya sangat marah pada diri sendiri karena hasil cemerlang sepanjang latihan dan Q2 berakhir dengan cara macam itu,” ucap anak  berusia 25 tahun itu.

Esoknya Suzuki ikut tes resmi di trek sama. Beberapa komponen baru dicoba dan Aleix merasa tunggangannya makin mantap. Doski lagi-lagi jatuh, eh malah di tempat yang sama, R5. Kali ini lebih kencang dari sebelumnya sehingga kulit tangannya lecet-lecet. Aleix pun penasaran.

Sayangnya, sesi latihan terhenti lantaran hujan sehingga ia tak tahu setan apa yang ganggu motornya di R5. “Kecelakaan di tempat sama dengan pola yang sangat berbeda. Kali ini laju motor mendadak terhenti. Kami harus cari penyebabnya,” tegasnya.

Proses pencarian itu plus pengembangan  GSX-RR berikutnya dilakukan dua hari berturut pada Rabu dan kamis ini di Sirkuit Aragon. Suzuki gelar privat tes di sana sekaligus langkah persiapan ke GP Belanda yang siapa tahu bisa bikin kejutan lagi. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Rossi/Lorenzo Silakan Saling Gebuk, Tak Ada Team Order

MotoGP 2017: Perancang Sirkuit Kelas Dunia, Tinjau Sentul Siap-Siap

MotoGP 2015 Catalunya (Tes): Marquez Balik ke Sasis 2014

MotoGP 2015 Catalunya (Pasca Race): Tak Pakai SSG, Suzuki Langsung Ampun di Garis Start

BAGIKAN