nhk

MotoGP 2015: Dari Bali ke Sepang, Marquez Tinggal Cocokkan Set Up Bikinan Stoner

 

ManiakMotor – Sebenarnya Marc Marquez itu takut banget lho sama lautan, makanya lebih doyan ke pegunungan ketimbang pantai. Tapi, lihat keindahan pulau Bali dan pantainya, Marquez toh kesengsem juga dan sempat leha-leha.  “Ini kali pertama saya ke Bali. Betul-betul luarbiasa,” ucap MM yang hadir bersama Dani Pedrosa dalam rangka launching tim Repsol Honda, Minggu (1/2) dan esok langsung diterbangkan ke Kuala Lumpur.

Tentu saja di Bali itu Marquez dan Pedrosa tak bisa bicara banyak soal tunggangan anyar RC213V. Mereka baru bisa besut  versi 2015 saat tes Sepang1 yang start 4 Februari. Marquez akui sudah tak sabar ingin jajal barang baru itu, termasuk performa onderdil barunya. “Soalnya ini kesempatan pertama bergabung dengan mekanik kembali setelah tes Valencia. Saya benar-benar ingin rasakan pengembangan motor sepanjang musim dingin ini,” kata Marquez.

Untungnya, Marquez dan rombongannya akan tiba di Sirkuit Sepang dengan tugas yang lebih ringan. Ia tak perlu repot menghimpun banyak data di lintasan dan membangun setingan. Tugas itu sudah dilakoni Casey Stoner, mantan pembalap nomor 1 Honda yang kini jadi tes rider. Juara dunia 2007 dan 2011 itu sudah menjajal sasis RC213V versi 2014 dan membandingkannya dengan versi 2015.

Stoner juga ngetes perangkat baru Brembo yang jadi rem andalan RCV, khususnya kaliper terbaru berbahan aluminium. Meski tak menyebut hasilnya dalam bentuk best time, Stoner bilang hasil keseluruhan sangat bagus. Banyak data penting yang dirangkum dan tinggal dianalisa para insinyur Honda untuk diterapkan pada tes Sepang1.

“Saya fokus pada penggunaan sasis 2015 dan rem Brembo. Perangkat elektronik dan sejumlah suspensi berbeda juga dijajal. Dari situ kami sudah punya basis set up dalam berbagai varian,” tambah Stoner yang juga sempat membesut CBR 1000RR di Sepang tapi mengakui kesulitan menggeber kuda besi yang dipakai pada balap endurance Suzuka 8 Hour itu. Maklum, CBR itu bukan prototype macam  RC213V. 

Ya, berkat Stoner yang berjuang sepanjang Kamis hingga Sabtu (31/1), RCV bisa tiba selangkah lebih maju di tes Sepang1. Marquez dan Pedrosa tinggal merasakan dan memilih mana yang paling cocok dari uji coba Stoner. Jadi silakan lihat-lihat Bali dulu. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Launching Respol Honda Team Di Nusa Dua Bali

MotoGP 2015: SSG (Girboks) Temuan Rossi, Mempercepat 2 Detik Saat Balapan

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang1: SSG M1 Temuan Rossi, Honda Wajib Waspada

MotoGP 2015 Jelang Test Pramusim: Awas, Potensi Ricuh Rossi-Lorenzo Macam 2009!

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353