nhk

MotoGP 2015: Duel Marquez Dan Rossi Terakhir Sabtu Di Assen

 

ManiakMotor – Duel asyik Valentino Rossi versus Marc Marquez di GP Belanda, Sabtu (26/6) lalu menjadi kenangan terakhir di Sirkuit Assen. Mulai 2016, raceday Assen dipindah dari Sabtu jadi Minggu seperti Gran Prix lainnya.

Satu-satunya seri balap yang memilih raceday pada Sabtu itu bakal mengubah tradisi sekaligus keunikan GP Belanda selama ini. Assen satu-satunya sirkuit yang setiap tahun menggulirkan GP Motor sejak pertama digelar pada 1949.

Konon karena Minggu diprioritaskan untuk ibadah, terlebih karena ada katedral di dekatnya.  Pengelola sirkuit Assen bilang keputusan memindahkan final ke hari Minggu tak lain meningkatkan jumlah penonton sekaligus pemasukan sirkuit. Dengan peralihan itu diprediksi ada pertambahan pengunjung kisaran 10-15%.

Selama ini penonton dari luar Belanda agak kurang karena sesi QTT berlangsung Jumat dan masih hari kerja. Itu menyulitkan penonton dari negara-negara Eropa lainnya di seputaran Belanda.

Dewan pengelola Assen sekaligus ingin meningkatkan pendapatanb guna memenuhi kebutuhan operasional. Maklum, jatah pemasukan pihak tuan rumah memang hanya dari penjualan tiket. Hak komersial lainnya macam iklan dan tv-right menjadi milik Dorna selaku promotor.

Dorna sepertinya tak keberatan dengan pergantian raceday itu. Reaksi komunitas lokal belum terdengar. Juga protes gereja di dekat sirkuit? Namun sepertinya juga sudah oke karena justru meningkatkan jumlah pendatang ke negeri Kincir Angin. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Marquez Bermaksud Nge-T Rossi Di Assen, Lorenzo Akhirnya Membela

MotoGP 2015: Stoner dan Redding Besut RC213V, Melawan Pamor ‘Kuning’ Rossi

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Suppo Sudah Legowo, Malah Memuji Rossi

MotoGP 2015 Assen (Pasca Race): Rossi Prediksi Marquez Jadi Problem Besar

BAGIKAN