nhk

MotoGP 2015: Full SSG (Turun-Naik Gigi) M1 Rossi/Lorenzo Siap Di Test Sepang2

ManiakMotor – Di test Sepang2  yang dimulai 23 Februari, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan menggunakan full seamless shift gearbox (FSSG). Disebut full karena sudah aktif saat menaikan percepatan dan menurunkannya.  Selama ini atau sejak SSG dipasang pada Yamaha M1 di Misano pada September 2013, itu SSG hanya memuluskan pindah-pindah persneling ke gigi tinggi.

Lin Jarvis lah yang menegaskan girboks pintar itu. Giboks diisi gigi pada main shaft dan counter shaft  walau bergeser namun tenaga nggak terputus (tanpa jeda) dari mesin ke roda.  “SSG yang komplet akan segera muncul,” kata Jarvis yang Managing Director Movistart Yamaha MotoGP pada MCN.

Ketika didesak kepastiannya di test Sepang2, Jarvis masih berbelok-belok menceritakannya. Entalah masih ragu akan patennya atau masih ada yang kurang dan harus dibawa ke tukang bubut, huss. “Harus  realistis. Yang penting rancangan gearbox jangan sampai salah, karena menyangkut keselamatan pembalap. Harus 100 poersen yakin jika sudah dibawa ke sirkuit,” tambah Jarvis.

Menurut Rossi dan Lorenzo, kekalahan mereka dari Marquez salah satunya tidak aktifnya SSG mereka saat turun gigi. Maka keduanya pun cerewet meminta SSG paket full segera diterbitkan Yamaha. Maklum sangat berguna untuk ketepatan feeling memasuki sudut tikungan.

Maka tidak aktifnya SSG untuk turun gigi M1, Rossi dan Lorenzo masih sering meremas handel kopling. Ya tujuannya untuk membebaskan tenaga agar tautan antar gigi juga bebas bergeser ke gigi yang rendah. Padahal remas kopling ini merugikan alias ada tenaga yang los dan akhirnya yang bikin repot mengotrol motor masuk tikungan.

Di saat sama musuh dengan enak tanpa tenaga tersendat menekuk pengkolan. Mereka dengan mulus, seperti mulus motor matik saat menutup gas. SSG kan sudah seperti matik. Kopling hanya dibutuhkan ketika start seperti di F1. Begitu elmu kira-kiranya.  Dan kirinya SSG yang komplet M1 itu sudah ada di test Sepang2, agar makin panas. Itu

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Launching Tim LCR Honda, Babak Baru Lucio

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Hilangkah Understeer Pada Ducati GP15?

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang2): Ulang Tahun Ke-22, Marquez Dihadiahi Sirkuit Lezat

Moto3 2015 Test Valencia: Gresini Dengan Knalpot Indonesia   

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353