nhk

MotoGP 2015: Honda Dukung Redding, Kesempatan Promosi ke Tim Pabrikan

ManiakMotor – Dari dulu sampai sekarang tim satelit adalah halte persinggahan masuk tim pabrikan. Kecuali mereka yang berbakat bear macam Marc Marquez, Valentino Rossi dan bebarapa lainnya. Di era Moto2 walau sudah ada regulasi dari kelas itu harus singgah di satelit, tapi langsung ke pabrikan. Kasus beda Jack Miller dari Moto3 ke MotoGP, tetap saja dia lewat satelit.

Jalur tradisional itu ditempuh Scott Redding sejak musim lalu di tim Gresini Honda. Sayangnya, Honda RCV1000R Open Class dianggap produk gagal, tak menopang performa Redding sehingga digantikan versi RC213V-RS.

Beruntung Redding tak pakai motor itu lagi 2015. Ia naik status jadi rider tim satelit Honda dalam tim baru Marc VDS Racing, timnya di Moto2. Sempat terkatung-katung karena Gresini kesulitan dana menyewa RC213V seharga 3 juta poundsterling itu , Marc Van der Straten datang bak dewa penyelamat. Pebisnis tajir itu membentuk tim baru di MotoGP dengan rider tunggal si Redding. Ambisinya lumayan tinggilah, menjadi kandidat kuat di kancah satelit dan pantang kalah dari anak-anak Open Class.

Mampukah Redding? “Punya motor bagus adalah cita-cita sejak awal, apalagi sekelas RC213V. Tahun lalu saya tak bisa maksimal memperlihatkan potensi yang saya miliki, semoga saja ada cerita baru di musim 2015,” ucap rider Inggris yang jadi musuh berat Marc Marquez saat di Moto2 itu.

Setahun di Gresini menurut Redding sudah memberikan banyak pengalaman baru dan pengetahuan. Ia tak khawatir soal sokongan teknis meski berada dalam tim baru, sebab para mekanik pentingnya akan disport langsung HRC (Honda Racing Corporation).

Dukungan penuh HRC itu diamini Livio Suppo, Team Principal Repsol Honda. “Honda menyediakan semua yang dibutuhkan Scott untuk memperlihatkan skill-nya. Ini tantangan baginya menunjukkan yang bisa ia lakukan. Bakat besarnya sudah teruji di Moto2 dan sekarang HRC memberi kesempatan.  Saya yakin semakin banyak jebolan Moto2 di MotoGP maka efeknya akan semakin baik bagi kejuaraan ini,” komentar Suppo.

Dengan RC213V kelas satelit, Redding memang diprediksi menjadi salah satu kandidat joki satelit terbaik tahun depan. Jika itu tercapai, siapa tahu pada tahun-tahun berikutnya doski punya kesempatan untuk head on lagi melawan Marquez, seperti dulu acap terjadi di Moto2. Setidaknya begitulah rencana jangka panjang Marc  VDS Racing yang sudi menggelontorkan dana untuk proyek MotoGP tiga tahun ke depan, semuanya demi Redding.

Redding tak cukup hanya bilang thank you pada Marc van Straten, tapi harus bukti. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Penggantian Ban 2016 Pengaruhnya Lebih Besar Dari Regulasi Elektronik

MotoGP 2015: Edan, Crutchlow Berani Ancam Rossi, Marquez, Lorenzo, dan Pedrosa

MotoGP 2015: Lap Record 2014 Diborong Marquez, Rossi Nol

London Show Bike 2015: Motor Apek Rossi Pun Ikut Dipamerkan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353