nhk

MotoGP 2015: Honda Merendah, M1 Lorezo/Rossi Akan Menyulitkan RC213V Marquez

 

ManiakMotor – Honda memang sangat beruntun dengan Marc Marquez. Ditinggal Casey Stoner yang saat itu masih seger-segernya, langsung ada penggantinya. Repsol Honda Team tersebut sempat ketar-ketir 2013 menduetkan ‘pemain baru’ bernama Marquez dan Dani Pedrosa. You tahu sendiri kinerja Pedrosa kan.

Dilanjutkan paruh musim pertama 2014 adalah berkah luar biasa buat Honda. Saat bersamaan jadi petaka Yamaha. Sepuluh race awal diborong Honda, ya lewat Marquez secara beruntun.  “Akan sangat sulit buat Marc melakukan itu 2015,” kata Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo seperti merendah.

Om Suppo ini yakin soal itu bukan karena Marquez mulai capek jadi juara, tapi  perlawanan Yamaha di paruh musim kedua 2014. Menurut Suppo, empat kemenangan yang dibagi dua-dua oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo adalah buktinya. “Valentino maupun Jorge sejak pertengahan musim akan mengubah kompetisi 2015 lebih sengit,” tambah Suppo yang  seperti tadi memberi harapan pada Yamaha atau memang memprediksi demikian.

Mau merendah atau tidak, Yamaha memang sudah kendengaran suaranya. Bukan berarti hanya jago teriak-teriak nggak punya modal, hehe.  Seperti Rossi bertekad akan juara dunia ke-10 dengan modal M1 yang mulai  nurut dengan dirinya. Lalu Lorenzo yang mengultimatum trend i paruh musim akan dilanjut sampai MotoGP 2015.

Sepertinya JL dan VR46 tak akan sudi dipermak Honda secara beruntun seperti tahun lalu. Kalau seperti itu sakitnya tuh di sini. “Yang harus kami lakukan saat ini adalah memelihara momentum. Jamgan dibiarkan berlalu begitu saja. Untuk melawan Marc, tak ada taltik lain kecuali lebih kuat sejak kesempatan pertama, dari tes pramusim hingga beberapa race awal,” cetus Lin Jarvis, punggawa Movistar Yamaha.

Mengacu pada omongan Jarvis, dia sangat yakin Marquez kurang tahan pada tekanan. Lalu soal progress ajian M1. Ya tentu M1 pengembangan sesuai kelemahan 2014. Bukannya mengajari, hehe, di trek-trek kecil yang butuh perubahan reduksi yang banyak M1 sering repot. Padahal lebih dari separuh serkuit yang digunakan MotoGP karakternya seperti itu.

Sebaliknya seperti pengamatan Honda baru lalu, memang  Yamaha unggul di tikungan cepat, tapi itu sekaligus kelemahan mereka. Kompon ban M1 cepat botak karena diporsir di tikungan yang kencang bangat. Wah banyak juga PR-nya. Jangan-jangan Suppo hanya kasih senang telinga tuh. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Perang Besar The Fantastic Four, Rossi Reborn, Pedrosa Buka Celah

MotoGP 2015: Prediksinya Suzuki Segera Ke Papan Atas Dengan Aleix Espargaro

MotoGP 2015: Pesan Galbusera, Jangan Pernah Remehkan Rossi

MotoGP: Lorenzo Yakin Trend Podium Di Paruh Musim 2014 Berlanjut 2015

MotoGP 2014: Dibanding Yamaha, Honda Mengaku Diuntungkan Ban, Strategi 2015

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353