nhk

MotoGP 2015 Indianapolis (Jelang FP1&2): Penentuan Buat Marquez, Lorenzo Rapatkan Poin

 

ManiakMotor – Saat jumpa pers wajib pada Kamis (6/8) waktu Amerika atau Jumat (7/8) subuh di sini, Marc Marquez dapat julukan baru, yakni Master of America. Apa tuh maksudnya?

MM memang pantas mendapat julukan Raja Amerika meski ia orang Spanyol. Sejak menjejak MotoGP pada 2013, doski langsung memborong semua gelar juara di serial balap MotoGP di negaranya Pak Obama itu.  Baik seri Austin, Laguna Seca maupun Indianapolis. Dan, ia juga favorit pemenang GP Indianapolis saat raceday Minggu 9 Agustus.

Bagi MM, Indianapolis jadi penentuan apakah bisa lanjut di jalur kejuaraan dunia atau tidak karena sudah defisit 65 poin dari Valentino Rossi. Hanya kemenangan di Indy yang bisa menolongnya sembari berharap yang ke podium bersamanya adalah Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Sebab, jika The Doctor naik sebagai runner up, sama saja artinya makin menyulitkan langkah Marquez.

“Mengejar nilai 65 memang sulit, tapi dalam paruh kedua ini bisa saja dia (Rossi) yang kehilangan poin. Saya hanya ingin fokus jadi pemenang,” ucap Marquez yang sekarang acap menyebut Rossi dengan kata ‘dia’ setelah insiden di tikungan terakhir Assen yang menyesakkan dirinya karena disikat Rossi dari luar lintasan.

Rossi sendiri cenderung ogah melayani permainan keras Marquez di Indy nanti untuk hindari risiko. Katanya itu  tak perlu karena lawan terberatnya di klasemen adalah Jorge Lorenzo. Jika benar Rossi akan ‘melepas’ Marquez, maka calon kuat yang bisa mendepak Marquez dari panggung juara adalah Lorenzo.

Menjadi daya tarik tersendiri karena Lorenzo mengusung optimisme baru di Indianapolis. Itu terkait dengan beberapa revisi tikungan Indy dan pengaspalan ulang tahun lalu. Dengan begitu doski yakin M1 bisa dapat keuntungan karena bisa melaju lebih cepat di tikungan. Chicane Indy yang selama ini menghambat, diyakini bakal menguntungkan M1. Selain karena area itu sudah sedikit direvisi sudutnya, juga karena girboks M1 kini sudah dilengkapi SSG aktif naik dan turun gigi.

“Trek ini bukan favorit joki Yamaha. Tapi tahun ini mungkin sedikit menguntungkan buat kami dengan perubahan yang ada dan pengembangan teknis motor kami. Target podium tapi akan berjuang keras menjadi juara,” ujar Lorenzo yang harus siap meladeni Marquez dalam rangka merapatkan jarak 13 poin dengan Rossi.

Lorenzo sendiri pernah menang di Indianapolis pada 2009 dan enam kali naik podium di sana. Dua pertanyaan penting baginya di Indy, bisakah menggusur Marquez dari panggung juara dan berapa poin yang bisa dipangkas dari Rossi? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Indianapolis (Jelang FP1&2): Rossi Beri Angin Buat Honda

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Lorenzo Sambut Tantangan Rossi

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Marquez Akui Kalah Mental

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Siap Mainkan Taktik Catenaccio

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Yakin Makin Kencang, Bangat..!

BAGIKAN