nhk

MotoGP 2015 Indianapolis (Jelang Race): Rossi Tak Berani Bidik 3 Besar

 

ManiakMotor – Sembilan ronde awal selalu ada Valentino Rossi di podium. Itu membuatnya unggul sementara dalam perburuan gelar ke-10-nya. Sayang, pada ronde ke-10 di GP Indianapolis, The Doctor lempar nada pesimis menyambut race pada Minggu 9 Agustus 2015.

Memble di sesi Jumat membuat Rossi dan mekaniknya begadang mempersiapkan M1 di sesi Sabtu. Mereka mengatasi yang kata Rossi wilayah depan motornya malas belok arah. Nggak lincah menuju dan di dalam tikungan. Ya kalau balap di Indonesia, komstirnya doang yang disetel, hehe, becanda bro. Kelihatan peningkatannya saat finish ke-4 pada sesi FP4 yang merupakan patokan catatan waktu rata-rata saat lomba. Wah kalau itu maih tetap terbuka peluang?

Tapi Rossi lebih banyak cerita soal Q2, itu M1 kembali bikin ulah. Tak bisa belok-belok mulus di 16 tikungan sesuai arah yang diinginkan Rossi. “Pace di FP4 membaik, daya tahan ban juga semakin bagus. Sialnya, tak cukup kuat menyabet posisi di row 2 saat kualifikasi. Start dari urutan 8 persoalan besar karena motor saya tak bisa cepat di trek ini. Harus ada peningkatan signifikan menjelang balapan,” tandas Rossi yang sejak awal bilang bakal kesulitan dengan karakter trek Indy dominan tikungan rapat yang otomatis jadi lambat.

Dengan kondisi M1 yang belum dapatkan basis setingan terbaik buat race, Rossi terus terang bilang tak berani bidik podium kali ini. Target awal agar finish di depan Jorge Lorenzo pun harus direvisi, terlebih karena M1 milik rekan setimnya itu terbukti lebih ampuh dan konsisten di semua sesi awal.

“Akan sangat sulit bertarung walau hanya untuk podium. Marc dan Jorge sangat kuat di sini. Belum lagi Dani (Pedrosa) yang juga kuat seperti di Sachsenring lalu dan punya reputasi bagus di Indianapolis,” terangnya.

Komentar The Doctor kali ini memang beda dari terdahulu. Sebelumnya ia tenang-tenang saja meski acap start dari grid tengah. Jelang seri Indianapolis, ia juga bilang akan main aman karena pertimbangan poin. Karena itu, siapa pun tak tahu, apakah Rossi tengah ‘cari aman’ di sesi awal dan kemudian coba fight di raceday atau memang M1-nya benar-benar terkendala. Bisa pula ia tengah mainkan strategi pura-pura tersudut.

Sulit ditebak arah komentar The Doctor. Maklum brosist, beliau ini pemain yang penuh taktik dan tipu muslihat sebelum dan sepanjang balapan. So, jangan percaya dulu kalau ia bilang nggak berani bidik podum, karena di sesi FP4 di mana motor sudah disetel untuk lomba dia bersaing kok! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Indianaplis, Amerika Moto2, Moto3, 7 – 9 Agustus 2015

MotoGP 2015 Indianapolis Q2: Marquez Pole Position, Rossi Hanya Ke-8

MotoGP 2015 Indianapolis (FP4): Settingan Lomba Marquez Tercepat, Rossi Ke-4

MotoGP 2015 Indianapolis (FP3): Marquez Tercepat, Rossi Ke-9

MotoGP 2015 Indianapolis (Jelang FP3&Q2): Gagal Gantikan Rossi, Pol Dipakai Yamaha Hingga 2016

BAGIKAN