nhk

MotoGP 2015 Indianapolis Pasca Race: Musuh Rossi Kelembaban Udara, Karakter Sirkuit Juga

 

ManiaiMotor – Prakteknya memang persis cerita. Ceritanya di MotoGP hanya ada empat jagoan, setelah Ducati GP15 hanya jago di awal-awal seri 2015. Semakin ke belakang dia lagi, dia lagi antara Yamaha dan Honda dengan empat jokinya. Tempat-tempat mereka akan jaya dan keok pun telah biasa dipetakan.

Seperti di sirkuit Indianapolis di Amerika yang jadi tempat ronde ke-10 MotoGP 2015 pada Ahad 9 Agustus. Sejak awal Valentino Rossi akan ‘melepas’ ronde ini dan hanya berjuang ke podium. Fakta di lintasan, Rossi memang menguras otak dan tenaga untuk podium ketiga melawan Dani Pedrosa. Nyaris nggak dapat pula tuh.

Tentu saja soal karakter sirkuit yang rapat tikungan. Ini sirkuit antinya M1 dan jadi kesukaan Honda terutama dari Marc Marquez. Belum lagi soal umur Rossi yang ngaruh pada agrisifnya membolak-balik motor pada 16 tikungan Indy. Kan penyakit yang tak ada obatnya di dunia adalah usia. Semakin berumur fungsi-fungsi organ presentasenya juga menurun. Balapannya pun mengarah ke kiri alias anticlockwise, yang konon harus pakai otak kiri, kan kebanyakan sirkuit pakai otak kanan yang searah jarum jam.

“Berat memang bermain di race Indy ini, apalagi aku di kualifikasi kurang cepat. Start dari row 3 menguras tenaga. Apalagi suhu di sekitar Indy yang kelembabannya tinggi,” jelas Rossi  yang usai balap langsung diwawancara terlihat ngos-ngosan. Iya sih, humidity atau kelembaban di sekitar sirkuit saat race 70% yang idealnya 60 persen. Kian tinggi angka persen kelembaban akan makin tipis udara dibutuhkan untuk bernafas yang artinya menguras stamina.

Rossi mengaku sempat khawatir ketika posisinya keempat, bahwa dia akan kehilangan 12 poin dengan posisi Lorenzo di depan. Tapi dia coba bermain lebih taktis. Yang bisa dikejar tinggal Pedrosa. Sementara, Lorenzo dan Marquez sudah menjauh sekitar 3 detik. Ya jauh betul, karena posisi grid start dari Rossi tadi.

Walau begitu Rossi tetap bersyukur dengan hasil ke-3 sesuai targetnya tampil di Amerika. Di sana dia nggak memaksakan keadaan bila hasilnya nol sama sekali, jatuh misalnya. “Tetap senang dengan hasil akhir ketiga. Nanti akan hitung-hitungan lagi di Brno, Ceko,” tandas Rossi yang tetap memimpin klasemen, soal tepatnya silakan klik link klasemen sementara di bawah tulisan ini.

Sekadar informasi, minggu depan atau 16 Agustus ronde 11 di Brno. Lalu besoknya jangan lupa upacara bendera 17 Agustus saat Indonesia berumur 70 tahun. Merdeka..! Ito   

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Indianaplis, Amerika Moto2, Moto3, 7 – 9 Agustus 2015

MotoGP2015 Indianapolis (Race): RC213V Marquez Memang Lincah Di Amrik, Rossi Hanya Ke-3

MotoGP 2015 Indianapolis Warm Up: Marquez Yang Kencang, Rossi Ke-4

BAGIKAN