nhk

MotoGP 2015 Inggris (Jelang FP3/FP4/Q2): M1 Rossi Masih Dimodif Untuk Silverstone

 

ManiakMotor – Modifikasi! Itu penekanan Valentino Rossi pada Yamaha M1-nya di Silverstone, Inggris. Jelang FP3 dan sesi lanjutan pada Sabtu 29 Agustus 2015, modifikasinya lebih banyak penyesuaian pada grip ban. Pegangan ban pada   Silverstone dianggap kurang, karena suhu trek terlalu dingin untuk memanaskan ban.

Yang dimaksud modifikasi di sini, tentu bukan perombakan total seperti  yang sampeyan kenal pada modif bodi, hehe. Artinya masih jurus set-up yang mengubah-ubah onderdil berkaitan. Kalau ban lebih banyak pada suspensi, lengan ayun dan elektronik traksinya. Itu elmu kira-kiranya bro, karena tak disebut. “Sesi pagi (FP1)  cukup bagus. Sorenya (FP2) ada masalah, karena kami melakukan modifikasi pada M1 untuk meningkatkan grip ban,” kata Rossi dengan nada tetap ada harapan pada sesi-sesi lanjutan.

Rossi di FP1 boleh tersenyum. Tapi di FP2 senyumnya menghilang, dia terdampar ke-10. Jauh memang, nyaris tertinggal 1 detik dari yang tercepat sesama M1. M1 milik teman setimnya Jorge Lorenzo memang sedang asyik-asyiknya berlari di Silverstone  yang dikenal sirkuit cepat. Yang cepat-cepat ini juga kegemaran Lorenzo.

Sudah pastilah Rossi ingin menyamai kencangnya M1 rekannya dan musuhnya di klasemen itu. Sebab di dua sesi tersebut, sejak awal M1 Lorenzo sudah melejit ke depan. Begitu lihat musuh laju, tindakan pasukan Rossi melakukan perubahan yang hasilnya malah bikin payah. “Sangat sulit di FP2. Gas harus diurut,” kata Rossi yang coba menenangkan diri untuk menyusun data yang diperbaiki pada sesi FP3 dan FP4.

Katanya sih pasukannya sudah punya beberapa alternatif untuk memperbaiki set-up pada Sabtu ini. Dia nggak sebut macam mana modif hari ini untuk mengejar ke depan. “Pokoknya ada beberapa set-up berbeda yang akan dicoba. Beberapa alternatif ini juga akan diuji semuanya lewat kombinasi,” tambah The Doctor.

Hanya aja Rossi masih khawatir dengan cuaca di Silverstone. Memang pada Jumat kemarin rada dingin dengan suhu trek di siang bolong hanya 23oC. Harapannya kondisi stabil. Kalau hujan, hujan sekalian dan kalau kering, kering sekalian. Tapi dia lebih suka kering terus. Ya tuh, di Indonesia musim kemarau. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Silverstone, Inggris 28 – 30 Agustus 2015

MotoGP 2015 Silverstone Inggris FP2: Lorenzo Makin Tercepat, Rossi Terdampar Ke-10

MotoGP 2015 Silverstone Inggris (FP1): Marquez Tercepat, Lorenzo Ke-2 Dan Rossi Ke-3

MotoGP 2015 Silverstone (Jelang FP1&2): Riding Style Menjadi Kunci Persaingan Rossi Vs Lorenzo

MotoGP 2015 Silverstone (Jelang FP1&2): Fokus Pada Perang Segi Tiga Rossi – Lorenzo – Marquez

BAGIKAN