nhk

MotoGP 2015: Inggris vs Inggris, RC213V vs M1

 

ManiakMotor – Meski tak bermain di kelas utama, para joki Igggris di MotoGP bolehlah dapat tempat tersendiri 2015. Mereka buka rivalitas tersendiri di kelas medioker dengan target rider satelit terbaik sekaligus pembalap Inggris tercepat.

Tiga anak Inggris ada di sanan. Masing-masing Cal Crutchlow yang turun derajat dari tim pabrikan Ducati menjadi pembalap satelit  di tim LCR Honda, Scott Redding yang promosi dari Open Class menjadi rider satelit di tim anyar Marc VDS Racing. Plus Bradley Smith yang melakoni tahun ketiganya di tim Monster Yamaha Tech3.

Ketiganya menggeber motor spek pabrikan yang mirip tunggawang para jawara. Cal dan Redding pakai  RC213V yang hanya basisnya persis milik Marc Marquez, plus paket lengkap seamless shift gearbox (SSG), rem pasokan Brembo berikut Ohlins yang menunjang kaki-kakinya. Begitu pun Smith yang pakai  Yamaha YZR-M1 yang jeroannya sama dengan besutan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Dari segi spek motor masing-masing, ketiganya layak bertarung berebut posisi lima besar karena empat besar masih milik The Fantastic Four (MM, VR, JL, dan DP). Kelompok 5 Besar ini menjadi lebih gemuruh karena akan ikut di dalamnya para rider medioker lainnya macam Pol Espargaro (Yamaha Tech3) berikut duet Ducati Andrea Dovisiozo dan Andrea Iannone. Belum lagi target dari Suzuki.

Bedanya hanyalah soal pengalaman. Cal jelas paling senior. Tapi, untuk handling RC213V, ini adalah tahun perdananya. Meski berkoar akan tarung berebut podium 2015, terlalu dini dipercaya. Kendalanya bukan hanya adaptasi RC213V, juga adaptasi Crutchlow yang terkenal temperamental dengan tim barunya. Itu berarti berhubungan dengan para mekanik baru.

Begitu pula dengan Redding dalam tim anyar Marc VDS Racing. Ini tim lamanya di Moto2 tapi kini dihuni para teknisi baru yang sama-sama tengah belajar mengenali seluruh pernak-pernik RCV. Lain hal dengan Smith yang dalam proses pencapaian prestasi dengan M1-nya. Tapi, itu tak berarti Smith sudah berani memproklamirkan diri untuk kalahkan Crutchlow dan Redding musim depan.

Seperti apa pasokan M1 versi satelit 2015 baru akan terlihat potensinya dalam tes Sepang awal Februari nanti. Setelah itu ada 18 race sepanjang tahun untuk menentukan siapakah joki Inggris paling kinclong musim 2015. Monggo kalau mau main tebak-tebakan hehehe! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Dari RC213V ke M1 Open Class, Bradl Dapat Target Berat

MotoGP 2015: Teknik Dirt Track (Tanah) Terbawa Ke Aspal (MotoGP)

MotoGP 2015: Konsep Motor Berubah, Ducati Bidik Menang

MotoGP 2015: Mantan Mekanik Stoner Akui Sempat Dirayu Lorenzo

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353