nhk

MotoGP 2015 Jelang Amerika: Marquez Tahu Duluan M1 Rossi Kencang DI Ronde 1

 

MAniakMotor – Marc Marquez sebenarnya sudah lebih tahu duluan peluang M1 Rossi dan khususnya Yamaha di ronde pertama. Dia sangat yakin potensi M1 di sirkuit Losail, Qatar, pada Ahad malam 29 Maret, walau di babak latihan sampai kualifikasi Ducati dan Honda yang dominan.

Marquez malah sempat bilang, jangan sepelekan  Yamaha di Losail. Macam mana pun,  mereka pas dengan sirkuit tersebut. Marquez  pun cerita soal Valentino Rossi. “Valentino adalah Valentino. Dia banyak akalnya ketika di dalam lomba. Jangan dilihat dari sesi latihan dan kualifikasi. Valentino selalu tampil beda di race,” ingat Marquez ketika usai sesi kualifikasi dan di sesi FP3 sempat menguntit motor Lorenzo.

Benar saja yang muncul saat lomba sangat bertolak belakang dengan hasil-hasil latihan M1 yang berlangsung 3 hari di Qatar. Dari 22 lap di Losail, M1 yang unggul setiap lap dengan penguasa fastest lap yang catatan 1 menit 55 detik sekian-sekian konsisten. Lalu  setiap sector – kecuali di area finish line tempatnya trek lurus – M1 kencang sendiri. Makanya muncul prediksi, bahwa Rossi dan M1-nya hanya pura-pura pelan di sesi latihan, hehe. Itu kan prediksi.

Marquez sendiri belakangan mengaku tak sanggup mengembangkan kecepatan karena melebar usai start  di R1. Ia harus menangkis cara pengereman Bradley Smith (Yamaha Tech3) yang tiba-tiba. “Itu yang membuat  saya out,” kata Marquez yang tentu saja ‘terpukul’ dari hasil Qatar. Ia mengaku akan menunggu di sirkuit Austin di Texas sana, ya di Amrik.

Mengukur head to head antara M1 Rossi dan RC213V Marquez juga rada sulit. Karena Rossi dan Marquez membalap sendiri-sendiri. Rossi berada di rombongan depan dan Marquez tercecer. Untuk urusan konsisten di 1 menit 55 detik sebenarnya yang bisa menyaingi Rossi hanya Marquez. Termasuk juga dari sektor ke sektor, kecuali top speed RC213V Marquez yang bikin rekor sampai 350 km/jam.

Tunggangan Rossi boleh unggul dalam data setiap wilayah Losail karena terbawa arus saling ambil angin (slip streaming) rombongan depan. Kan Rossi saling gantian dengan M1 Lorenzo dan GP15 Andrea Dovizioso. Sementara RC213V Marquez berlari sendiri membelah angin ketika mengejar rombongan di depan. Beda bila terlibat perang segi lima antara dua Ducati dan dua M1. Otomatis Marquez terbawa pace empat di depan. Tapi inilah kekalahan Marquez dari segi peringkat finish dan dari data analis setiap sudut sirkuit.

Karena itu, dia mewanti sejak awal peluang Rossi di Losail yang berarti pula sudah tahu Rossi hanya pura-pura, hehe. Ditunggu lagi di Austin pekan depan, apakah ada sandiwara? Ito   

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Austin: Rossi Incar Podium, Itu Target Realistis

MotoGP 2015 Jelang Austin: Pedrosa Masuk Kamar Operasi, Aoyama ke Austin

MotoGP 2015 Pasca Race Losail: M1 Rossi Unggul Tiga Sektor, Kecuali Trek Lurus, Dipengaruhi SSG

MotoGP 2015 Pasca Race Losail Qatar: Rossi Pura-Pura M1-nya Pelan Di Latihan Sampai Kualifikasi

MotoGP 2015 Jelang Austin: Head On Versus RC213V, Peluang GP15 Jadi Jurdun

MotoGP 2015 Jelang Austin: Aleix Sudah Oke, GSX-RR-nya Kurang Tenaga

BAGIKAN