nhk

MotoGP 2015 Jelang Aragon: ‘Dunia’ Senang Jika Rossi Yang Juara Dunia

 

ManiakMotor – Jangan ditanya kepada Massimo Meregalli atau Lin Jarvis, siapa yang mereka pilih jadi jurdun MotoGP 2015. Pasti nggak mau bilang pilih Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo meski di benak mereka mungkin sudah ada pilihan. Apalagi yang berhubungan dengan bisnis jualan Yamaha dan MotoGP.

Sebagai pemimpin tim Movistar Yamaha, Meregalli dan Jarvis memang harus memperlakukan VR dan JL setara. Keduanya harus didukung sama besar sepanjang keduanya masih bersaing di kejuaraan dunia. Tapi, jika ditanya kepada petinggi Yamaha yang mengurusi penjualan motor,  bisa jadi pilihan mereka jartuh kepada Rossi. Dibandingkan JL, daya hipnotis The Doctor jelas lebih berpengaruh untuk mendongkrak penjualan Yamaha di pasaran.

Nama Rossi sudah mendunia dengan penggemar bejibun, mulai dari anak-anak dan remaja sampai dewasa yang menjadi pasar masa depan dan masa kini Yamaha. Logis saja Bro, Yamaha berjuang dan buang uang besar di MotoGP tak lain adalah upaya untuk memenangi pasar. Dan, ingat tahun-tahun pertama kala Rossi bergabung dengan Yamaha maka di situ jugalah penjualan motor komersial mereka meledak.

Tanya juga kepada promotor Dorna, pasti pilihannya Rossi. Ini fakta Bung, saat VR tenggelam di Ducati musim 2011 dan 2012, saat itu pula MotoGP seperti kehilangan roh. Penonton menurun, sponsor pun murung. Tapi, begitu Il Dottore kembali ke Yamaha 2013 dan bersaing lagi di level atas, semarak MotoGP mulai bangkit dan makin semarak saat The Doctor mulai bersaing berebut gelar di musim 2015.

Dan, para pemilik sirkuit dan penyelenggara MotoGP pun ikut menikmati limpahan rejeki yang ditebar Rossi. Hampir semua seri balapan musim ini dipadati penonton, lebih dari sebelumnya. Misano, misalnya, menembus rekor 92.000 tiket terjual habis. Tahun lalu hanya 88 ribu. Mayoritas ya pendukung Rossi. “Masih banyak penonton yang butuh tiket, tapi kami tak bisa menjual melebihi kapasitas sirkuit. Ereka datang dari berbagai penjuru,” kata pemilik trek Misano Luca Colaicovo.

Dari semua seri di Eropa musim ini lonjakan penonton terjadi di semua sirkuit lantaran penonton dari negara Eropa lainnnya bisa berdatangan dengan naik motor atau jalur darat. Hanya seri di Qatar dan Texas (AS) yang penontonnya tak membludak.

Para pendukung Rossi yang bertebaran di seluruh dunia itu, kalau ditanya siapa yang mereka inginkan jadi juara dunia 2015, pastilah sampeyan tahu apa jawabannya. Betul, dunia memang lebih diuntungkan jika Rossi yang jadi juara dunia. So, kita lihat mampukah JL menggagalkannya? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Aragon: Rossi Punya Pengalaman Mengolah Point

MotoGP 2015 Jelang Aragon: Iannone Cidera Lagi, Rawan di Posisi 4 Besar

MotoGP 2015 Jelang Aragon: 80% Untuk Rossi, Lorenzo Cuma 20%

MotoGP 2015 Jelang Aragon: Dalam Hati Biaggi Unggulkan Lorenzo, Rossi Di Kepala

MotoGP 2015 Jelang Aragon: Rossi Jatuh dan Pingsan, Lorenzo Juara

BAGIKAN