nhk

MotoGP 2015 Jelang Aragon: Rossi Kudu Waspada, Bahaya Jika Sekali Saja DNF

 

ManiakMotor – Tren podium Valentino Rossi terhenti setelah nonstop podium dalam 12 laga berturut edisi MotoGP 2015. Ironis, karena justru terjadi di Misano, di depan pendukungnya yang fanatik dan bejibun.

“Sempat hampir menangis karena targetnya minimal podium untuk menghibur mereka. Tapi, pada akhirnya dapat 11 poin di klasemen. Tak boleh  dipungkiri hal itu menyenangkan dan sangat penting dalam proses meraih gelar 2015,” kata Rossi yang usai lomba di Misano naik podium sendiri kendati nggak masuk tiga besar. Ya iya, itu hanya menyapa fansnya yang tetap yel-yel.

Leading 23 poin atas Lorenzo dan 63 angka dari Marc Marquez, The Doctor bilang jumlah itu belum  memastikan apapun. Masih banyak hal yang bisa terjadi dalam lima balapan di depan. Justru situasi saat ini membuatnya harus ekstra waspada, waspada dan waspadalah…

Sekali saja DNF atau gagal petik poin maka keunggulan 23 poin itu kehilangan makna. “Masih ada 125 poin yang diperebutkan. Jorge bisa saja sapu bersih semua seri berikutnya. Marc juga terus memburu kemenangan dan akan memanfaatkan setiap celah yang ada sepanjang masih punya kesempatan,” tegas Rossi.

Rossi pun siakan langkah berikutnya dengan pendekatan berbeda. Mulai seri Aragon, katanya, mempertahankan posisi di klasemen jauh lebih penting daripada mikirin kemenangan seri. Ia akan lihat situasi di lintasan, apakah perlu main aman atau harus ngotot. Tentu terkait posisi Jl dan MM pada saat yang sama. Ringkasnya begini: jika kebetulan Rossi dan Marquez berada di depan dan JL di belakang mereka, maka Rossi tak bakal ngeyel melayani Marquez menguber kemenangan. Prioritas adalah finish di depan JL.

Kewaspadaan Rossi terutama pada seri Aragon di Spanyol 27 September. The Doctor selalu payah kala main di trek ultra modern itu. Tak pernah menang di sana. Tahun lalu malah gagal mencapai finish. So, bisa jadi ia akan melepas seri tersebut sebagaimana ia ‘melepas’ Indianapolis dan Brno silam. Mungkin juga seri Motegi yang diperkirakan jadi milik JL atau MM. “Setelah itu kembali berhitung baca situasi terkini. Peluang menang terbuka di Sepang dan Philip Island,” ucap Rossi kala memetakan kekuatannya.

Tapi, ya itu tadi, ia baru akan memaksakan kemenangan bila situasi di kalsemen menghendakinya. Jika boleh bermain aman saja, kenapa mesti ngeyel bila hadiahnya DNF. Kira-kira begitu. Balap pakai otaklah. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Redding Tinggalkan Honda Dengan Manis

MotoGP 2015 Misano (Jelang Aragon): Rossi Akui Cari Aman, Pentingkan Poin

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Bisa Singkirkan Rossi, Ini Syarat Buat Lorenzo

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Strategi Marquez Tepat Sasaran Di Lap 18

BAGIKAN