nhk

MotoGP 2015 Jelang Assen: GP Ceko Terancam Bubar, Penjualan Tiket Terhenti

ManiakMotor – Bulan lalu portal ini sudah siarkan berita morat-maritnya persiapan GP Ceko di Sirkuit Brno yang kesohor itu. Berita lanjutannya begini: penjualan tiket sudah dihentikan dan Senin depan jadi penentuan nasib GP Ceko.

Seri GP Ceko 2015 dijadwal pada 14-16 Agustus.  Nasibnya jadi tak jelas sejak  tahun lalu seiring dengan meruncingnya pertikaian pengelola sirkuit di bawah komando Karel Abraham Sr (bapaknya pembalap MotoGP Karel Abraham) dengan pemerintah daerah setempat.

Muasalnya karena kedua pihak berebut hak menjadi penyelenggara tahun ini. Pemda setempat menghentikan bantuan dana karena pengelolaan uang sirkuit dinilai tidak transparan dan bahkan dicurigai banyak terpakai untuk kepentingan balap Si Karel di MotoGP 2015. Eh, kebetulan atau tidak, masa depan Karel di kelas primer itu pun sedang terancam ambruk. Masuk GP Belanda, misalnya, ia diisukan diganti pembalap WSBK Michael van der Mark atau tester Honda Hiroshi Aoyama.

Sebaliknya ada juga yang menuding manuver pemerintah itu tak lain demi pencitraan sang gubernur yang berniat maju pilkada lagi. Ujungnya, fee penyelanggaraan sebesar 2,7 juta Euro belum dibayarkan ke Dorna Sport sebagai promotor MotoGP. Pihak sirkuit bilang tak sanggup karena bantuan pemerintah untuk tahun lalu saja masih ditahan. Pihak sebelah sebaliknya menuduh keuntungan penyelenggaraan sebenarnya sudah cukup karena besarnya jumlah penonton GPCeko dari tahun ke tahun.

Dorna sendiri sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan pihak terkait. Namun sangat sulit menyatukan kedua pihak yang merasa paling benar. “Ikatan kontrak kami dengan pihak pengelola sirkuit, jadi tak mungkin kami berikan hak penyelenggaraan kepada pihak pemerintah lokal.Hal terburuk yang mungkin terjadi, Brno dicoret dari kalender 2015,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta yang bulan lalu juga mengunjungi Indonesia untuk membuka pintu tuan rumah MotoGP pada 2017.

Dampak terkini adalah penghentian penjualan tiket yang sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu. Penghentian itu resmi dilakukan sejak kemarin dan bagi yang sudah terlanjur beli maka uangnya akan dikembalikan. Selanjutnya nasib GP Ceko akan diputuskan Dorna pada Senin pekan depan, itu pun sudah dapat keringanan karena keputusan seharusnya sudah keluar awal bulan lalu. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Assen: Lorenzo Diunggulkan, Rossi Ogah Dilengserkan

MotoGP 2015 Jelang Assen: Dovizioso Ingin Bawa GP15 Podium, Pasti! Motor Cocok

MotoGP 2015 Jelang Assen: Saatnya Suzuki Beri Bukti Podium

MotoGP 2015 Jelang Assen: Trek Lurus 487 Meter, Tapi Sirkuit Cepat, M1 Diuntungkan?

MotoGP 2015 Jelang Assen: Marquez Hanya Bisa Berharap, Pedrosa Bergairah

MotoGP 2015 Jelang Assen: Terancam Dikudeta Lorenzo, Rossi Malah Bercanda

BAGIKAN