nhk

MotoGP 2015 Jelang Assen: Marquez Hanya Bisa Berharap, Pedrosa Bergairah

ManiakMotor – Tim elit Repsol Honda memasuki Assen pekan ini dengan situasi yang  asem. Sabtu (27/6) jadi penentuan masih adakah secuil harapan menjadi juara dunia? Atau harus terhenti meski kompetisi belum separuh jalan.

GP Belanda memang berlangsung Sabtu, bukan Minggu seperti seri lainnya. “Karena itu sejak sesi Kamis sudah harus kerja keras membangun set up. Kecewa juga hati ini lantaran tes sehari di Barcelona tak bisa maksimal karena hujan, tapi itu juga dialami tim lain,” ujar Marc Marquez yang peluangnya di jalur kejuaraan dunia sudah darurat lantaran tertinggal 69 poin.

Ia akui sirkuit cepat dan teknikal macam Assen memang bukan makanan RC213V. Honda selalu kalah ampuh dengan Yamaha di trek itu. Dengan sasis 2014 yang dikombinasi dengan mesin 2015, ia hanya bisa berharap motornya bisa sembuh dari prilakunya yang liar dan sulit dikontrol memasuki tikungan. Tentu juga berharap bisa mengalahkan duet Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Kemenangan, setidaknya bisalah untuk memperpanjang nafas persaingan. “Cuaca acap berubah di Assen dan kami pun harus mewaspdai segala kemungkinannya,” lanjut Marquez yang kalau DNF lagi di Assen, maka itu artinya ia kehilangan peluang menjadi jurdun tahun ini. Jika itu terjadi maka sangat ironis buat tim sekaliber Repsol Honda, yang harus tersingkir padahal baru 8 dari 18 jadwal balap yang digelar. Pembalap satunya, Dani Pedrosa, sudah lebih dulu menutup peluang jurdun akibat operasi arm pump dan absen tiga balapan.

Namun, semangat Pedrosa justru tinggi memasuki Assen. “Podium di Barcelona membuatku benar-benar senang. Hasil yang sama jadi target di Assen. Soal arm pump, kini tak lagi masalah. Terus membaik dan makin nyaman di atas motor,” katanya.

Gebrakan Pedrosa di Assen sangat  dinanti untuk menolong Marquez agar tetap bisa bersaing dengan joki Yamaha. Skenario terbaik buat Honda adalah finish 1-2 dengan Marquez sebagai juaranya. Dengan begitu marjin poin dengan Rossi dan Lorenzo tergerus lebih banyak. Masalahnya, bisa nggak begitu di trek rada-rada Yamaha berikut kondisi M1 dan jokinya yang lagi on  bangat?  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Assen: Terancam Dikudeta Lorenzo, Rossi Malah Bercanda

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tahun Lalu Marquez ’Berenang’ ke Garis Finish, Tahun Ini?

MotoGP 2015 Jelang Assen: Rossi Tak Butuh Pole Position, Cukup 5 Besar

MotoGP 2015 Jelang Assen: Biaggi Tercepat Di Misano FP1-2, Ketemu Rossi Di WSBK?

BAGIKAN