nhk

MotoGP 2015 Jelang Assen: Rossi Tak Butuh Pole Position, Cukup 5 Besar

 

ManiakMotor – Sekali lagi Valentino Rossi tegaskan perlunya start dari baris depan di GP Belanda mendatang. Ndak usah pole atau front row, masuk lima besar saja sudah cukup. Itu di baris kedua ketika start buat pembalap Movistar Yamaha tersebut.

Il Dottore yakin M1-nya mengimbangi M1 milik Jorge Lorenzo, rekan setim sekaligus pesaing di klasemen sementara. Terlebih pakai opsi ban yang sama, Rossi malah percaya akan mengalahkan Jl asalkan start dari posisi yang berdekatan. Posisi start itu yang mengganjalnya dalam tiga balapan terakhir dan harus diperbaiki. “Butuh kerja keras di sesi kualifikasi, setidaknya masuk top five,” ucap Rossi yang dalam 7 laga terdahulu punya grid position 8-4-8-5-7-8-7 sedangkan JL ada di 6-3-5-1-3-2-3.

Dari data tersebut dan fakta di lintasan, Rossi kelimpungan kejar JL yang start dari front row sementara ia datang dari row ke-3. Banyak buang waktu menyalip para pembalap di depannya. Namun, untuk dapat grid ke-5 saja pun Rossi akui bukan hal mudah pada saat ini. Penghalang utamanya adalah para joki Ducati dan Suzuki yang diperbolehkan pakai ban ekstra lembut. Itu ban jatah tim Open Class yang memang ‘ngelem’ di aspal.

“Regulasi itu merugikan kami. Ducati, misalnya, seharusnya sudah pakai ban seperti kami karena motor mereka kini setara dengan pabrikan Honda dan Yamaha,” keluh Rossi yang di sesi kualifikasi acap dipermak joki Ducati yang pabrikan maupun satelit.

Namanya The Doctor tentu tak boleh hanya mengeluh. Rossi dan tim teknisnya sudah coba ganti pola kerja di sesi Sabtu untuk dapatkan hasil lebih bagus di Q2.Ia tak lagi fokus pada set up untuk balapan, tapi juga untuk Q2. Strategi itu sudah dimulai dalam GP Catalunya lalu namun tidak seperti harapan karena akhirnya masih terdampar di row 3 juga.

“Saat balapan selalu bagus meski tak bisa dikatakan sempurna. Yang harus saya perbaiki adalah posisi start, nyangkut di baris kedua saja,” tegas Rossi dan itulah yang akan kembali diperjuangkan dalam GP Belanda akhir bulan ini.

Andai bisa didapat maka bolehlah berharap duel panjang Rossi vs Lorenzo bisa terjadi lagi macam musim 2009 lalu. Sejak balik ke Yamaha pada 2013 sampai sekarang, belum sekalipun duel panas keduanya terjadi. Apakah Rossi menghindar? Hehe, jawabannya. Andro

BACA JUGA

WSBK 2015 Misano (Superpole): Biaggi Start dari Posisi Kelima

MotoGP 2015 Jelang Assen: Biaggi Tercepat Di Misano FP1-2, Ketemu Rossi Di WSBK?

MotoGP 2015 Jelang Assen: Yamaha Belum Yakin Jurdun Milik Rossi atau Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Assen: Biaggi Mengaspal Lagi, Rossi Tak Mencibir

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tes Aragon Bikin Suzuki GSX-RR Makin Bertenaga

 

 

 

 

BAGIKAN