nhk

MotoGP 2015 Jelang Assen: Terancam Dikudeta Lorenzo, Rossi Malah Bercanda

 

ManiakMotor – Pertarungan sesungguhnya Valentino Rossi dengan Jorge Lorenzo sudah dimulai. Lho? Iya kemarin-kemarin kan biasa saja, hanya Lorenzo yang mengejar. Di GP Belanda yang raceday-nya Sabtu, 27 Juni 2015, Rossi harus ngotot, karena keduanya hanya dipisahkan satu poin di klasemen, Rossi 138 versus Lorenzo 137 angka.

Lorenzo menang empat kali beruntun (jadi rekor pribadinya tuh….) tentu masuk Sirkuit Assen dengan mental kuat. Secara teknis, Yamaha M1-nya sudah jadi alias tinggal seting di tempat sesuai keadaan Assen. Di Assen, duel sesama M1 dengan Rossi, mungkin saja terjadi. Assen berkarakter sangat flow atau mengalir sampai putaran tinggi pula. Itu sesuai maunya Yamaha M1.

Asal tahu saja, Yamaha petik 7 kemenangan di sana dan terbanyak sejak era MotoGP digulirkan. Pesaingnya, Honda, baru lima menang.  Lorenzo sendiri baru sekali menang di Assen, musim 2010. Tak seberapa dibandingkan  Rossi yang 5 kali menang di atas Yamaha dan sekali dengan Honda. Oh iya, satu kemenangan Yamaha lainnya dicetak oleh Ben Spies.

Masa lalu tak jadi acuan Lorenzo. Ia kini on fire. Itu yang terpenting. Asalkan finish di depan Rossi, maka pemimpin klasemen beralih ke tangannya. Nggak ada lagi buat Rossi cari posisi di belakang Lorenzo untuk bertahan di klasemen. Kan tinggal beda 1 angka. “Saya tak tahu apakah mengambil alih posisi teratas atau tidak, tergantung hasil balapan nanti. Valentino selalu cepat di Assen, namun saya sekarang berada dalam momen yang positif,”  tegas JL.

The Doctor sendiri mengaku khawatir dilengserkan dari tampuk pimpinan klasemen. Karena itu ia ingin perbaiki posisi start di Assen, sedekat mungkin dengan Lorenzo agar punya peluang mengalahkannya. Jika bisa fight sejak awal, Rossi yakin bisa mengalahkan yuniornya itu karena kecepatan M1 mereka relatif imbang.

“Saya memang pembalap paling tua di MotoGP saat ini. Tapi, jelas tak terlampau tua untuk menjadi juara,” canda Rossi yang terakhir menang di Assen musim 2013, tahun come back-nya ke Yamaha. Tahun lalu saat wet race, Il Dottore hanya sanggup finish ke-5.

Paling tidak lebih muda dari Max Biaggi yang baru lalu masih ikut WSBK. Okelah, apakah  Rossi bertahan di puncak klasemen? Itu penantian paling menarik di Assen kali ini. Ingat ya balapannya Sabtu. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tahun Lalu Marquez ’Berenang’ ke Garis Finish, Tahun Ini?

MotoGP 2015 Jelang Assen: Rossi Tak Butuh Pole Position, Cukup 5 Besar

MotoGP 2015 Jelang Assen: Biaggi Tercepat Di Misano FP1-2, Ketemu Rossi Di WSBK?

MotoGP 2015 Jelang Assen: Yamaha Belum Yakin Jurdun Milik Rossi atau Lorenzo

BAGIKAN