nhk

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tes Aragon Bikin Suzuki GSX-RR Makin Bertenaga

ManiakMotor – Sensasi Suzuki dengan start 1-2 di GP Catalunya bisa saja terulang di GP Belanda akhir bulan nanti. Mesin baru GSX-RR kini  satu paket dengan elektronik yang selama 7 seri lalu mereka riset di pada lomba langsung.

Engine yang menambah power GSX-RR sekitar 20 hp itu sukses menggelinding di sirkuit Catalunya dengan pole bersejarah Aleix Espargaro. Sayang, itu motor jatuh saat raceday.  Sayang pula,  tunggangan Aleix dan Maverick Vinales sangat lelet di garis start sehingga posisi front row jadi sia-sia. Konon saat itu mesin GSX-RR belum klop dengan ECU sebelumnya sehingga dalam beberapa hal laju motor jadi liar.

Itulah yang dibenahi dalam dua hari tes di Sirkuit Aragon, Spanyol pada 17 dan 18 Juni, sekaligus membuat setingan awal untuk GP Aragon pada September mendatang. Kerjaan utama tim teknis Suzuki dalam tes ini memang mengetes karakter mesin yang baru dengan perangkat elektroniknya.

Saat bersamaan tentu juga harus boleh bekarjasama dengan rangka, sasis, suspensi, aerodinamika, dan sebagainya. Termasuk penggunaan fairing baru. Intinya, GSX-RR kini punya spek sangat berbeda dengan versi sebelumnya. “Untuk melawan tim pabrikan lain memang masih banyak yang harus kami kembangkan. Hasil tes saat ini sangat positif dan saya ingin secepatnya coba di Assen,” kata Aleix.

Yang tak kalah bergairah adalah Davide Brivio yang sejak tahun lalu memimpin proyek kembalinya Suzuki ke MotoGP. Mantan manajer Valentino Rossi itu pun tak sabar ingin main di Belanda untuk jajal paket baru timnya. “Start 1-2 di Catalunya berikut finish ke-6 Maverick menyemangati kerja seluruh anggota tim. Kami sudah tuntaskan semua aspek untuk mendukung kinerja mesin baru. Sepertinya akan datang prestasi cemerlang berikutnya,” yakin Brivio.

Semoga saja begitu karena fans Suzuki sudah tumbuh lagi, termasuk di Indonesia. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Test Aragon Yamaha M1: Rossi Belum Punya Cerita

MotoGP 2015 Jelang Assen: Yamaha Tunggu Pengembangan Honda

MotoGP 2015 Jelang Assen: Rossi Pancing Stoner Kembali Ke Sirkuit

MotoGP 2015 Catalunya (Tes): Jatuh Pada ‘Lubang’ Sama, Aleix Marah dan Penasaran

BAGIKAN