nhk

MotoGP 2015 Jelang Assen: Trek Lurus 487 Meter, Tapi Sirkuit Cepat, M1 Diuntungkan?

 

 

ManiakMotor – Balapan MotoGP di Assen, Belanda memang lain. Panitia, tim, pembalap dan yang terkait di MotoGP harus datang lebih dulu ke Nederland. Termasuk untuk ronde 8 MotoGP 2015. Sebab balapannya Sabtu di sana, tepatnya untuk tahun ini pada 27 Juni 2015.  Belanda hari Minggu lebih ibadah.

Itu soal penyelenggaraan. Lintasan Assen sendiri memang istimewa. Assen adalah sirkuit cepat, tapi trek lurusnya saja hanya 487 meter. Sudah begitu ada 18 tikungan (6 ke kiri dan 12 ke kanan) dengan total panjangnya 4.500 meter. Berarti yang disebut cepat adalah tikungan-tikungannya yang minta gigi tinggi dan rpm tinggi. Dua tahun lalu  beberapa sudut diubah. Eh, renovasinya malah membuat kecepatan motor  meningkat.

Istimewanya lagi dalam kecepatan tinggi mengarungi tikungan-tikungan tersebut, jalurnya nggak lebar-lebar amat. Perhatikan speksifikasinya yang lebar lintasannya hanya 14 meter dan bandingkan dengan sirkuit lain yang mencapai 16 meter. Artinya lagi, di kecepatan tinggi itu joki kudu presisi menempatkan tunggangannya.

Boleh dibilang sirkuit teknikal untuk kecepatan tinggi. Tingkat kesulitannya, ya pada trek sempit dan banyak kombinasi kiri-kanan yang cukup ‘mendadak’. So pasti menuntut kelihaian pembalap goyang kiri, rebahkan kanan dan sebaliknya. Ya memang begitu sirkuit bro. Iya, tapi ini dilakukan dengan laju sekali di trek sempit  tadi.

Dalam data, Yamaha memang selalu unggul di sini. Saat Rossi baru kembali ke Yamaha 2013 saja, bisa juara. Macam mana saat M1 dan dirinya sedang on, seharusnya juara juga dong. Paling tidak menangkis serangan Jorge Lorenzo di klasemen yang sama-sama pakai M1. Tahun lalu Marc Marquez yang menang di sini dalam kondisi hujan. Nah menarik juga menunggu Marquez bangkit di Assen.

Assen selalu dipakai dan belum pernah absen sebagai tuan rumah  balap motor dunia ini sejak 1949. Makanya disebut legendaris. Sejarahnya, sirkuit ini dibuat khusus untuk seri Dutch TT in 1954, yang sebelumnya, balap ini dilakukan di jalan raya umum. Pada tahun 1999, sirkuit ini direnovasi cukup drastis. Lalu diperbaiki lagi 2005 jadi megah dan ruang untuk wartawan cukup dimanjakan. Serta perubahan signifikan panjang sirkuit dari 6 km menjadi 4,555 km. Ini sebagai antisipasi safety.

Nonton langsung  di Assen, atraksi pembalap dapat dilihat dengan mudah dari segela penjuru. Tata letak tempat nonton seperti mendekat bibir lintasan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Assen: Marquez Hanya Bisa Berharap, Pedrosa Bergairah

MotoGP 2015 Jelang Assen: Terancam Dikudeta Lorenzo, Rossi Malah Bercanda

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tahun Lalu Marquez ’Berenang’ ke Garis Finish, Tahun Ini?

MotoGP 2015 Jelang Assen: Rossi Tak Butuh Pole Position, Cukup 5 Besar

MotoGP 2015 Jelang Assen: Biaggi Tercepat Di Misano FP1-2, Ketemu Rossi Di WSBK?

BAGIKAN