nhk

MotoGP 2015 Jelang Austin: Aleix Sudah Oke, GSX-RR-nya Kurang Tenaga

 

ManiakMotor – Sensasi Aleix Espargaro di atas Suzuki GSX-RR dalam tes pramusim berakhir kurang mengesankan di raceday GP Qatar. Ia butuh tambahan power dan itulah yang tengah digarap para insinyur Suzuki di Jepang.

Pada sesi latihan terbilang oke, tapi masuk kualifikasi dan race, barulah itu GSX-RR terasa kurang tenaga. Skill Aleix yang mantap tak ada arti karena begitu ketemu trek lurus Losail yang puanjangggg itu langsung kedodoran. Di area itu ia kalah telak dengan pabrikan lain, bahkan dengan tim stelit sekali pun. Larinya GSX-RR paling banter 327,4 km per jam. Sangat jomplang dengan motor lain yang berkisar 330-an km/jam.

Kalikan sja selisihnya dengan 22 laps durasi balapan, maka wajarlah kalau Aleix Cuma sanggup lindas garis finish ke-11. Ya,lumayan sih karena dapat poin 5 yang merupakan angka pertama Suzuki setelah ‘tidur’ 3 tahun dan baru kembali tahun ini lagi ke MotoGP. “Saya nggak bisa bilang senang dengan hasil itu karena itulah posisi finish terburuk saya sejak tahun lalu,” ucap Aleix yang juara kelas ART 2013 dan juara Open Class 2014.

Ia akui satu-satunya masalah GSX-RR saat ini adalah kekurangan power. Ia tahu persis masalah itu tengah ditangani pabrik Jepang dengan mengolah semua data dari GP Qatar. Meski begitu rider Spanyol itu realistis saja kalaupun motornya dapat sedikit tambahan tenaga maaka akan tetap sulit bersaing di garis depan. “Kami masih fokus mengembangkan motor dan yakin akan dapat hasil yang lebih baik,” kata Aleix.

Maksudnya lebih baik tentu adalah finish 10 besar di GP Austin pada 12 April nanti. Apalagi jika bisa lebih bagus dari urutan 9 yang tahun lalu ia petik dengan status pembalap Open Class. Kan sekarang anak pabrikan, harusnya lebih ngejreng dong! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Pasca Race Losail: M1 Rossi Unggul Tiga Sektor, Kecuali Trek Lurus, Dipengaruhi SSG

MotoGP 2015 Jelang Austin: Ganjal Rossi dan Dovi, Honda Skenariokan 1-2 di Texas

MotoGP 2015 Jelang Austin: Bahan Bakar Ducati Mulai ‘Dicekek’, Berkurang 2 Liter

MotoGP 2015 Pasca Race Losail Qatar: Rossi Pura-Pura M1-nya Pelan Di Latihan Sampai Kualifikasi   

BAGIKAN