nhk

MotoGP 2015 Jelang Austin: Ganjal Rossi dan Dovi, Honda Skenariokan 1-2 di Texas

 

 

ManiakMotor – Gagal naik podium di GP Qatar jelas menyesakkan buat tim sekaliber Repsol Honda. Silakan urut dada deh, kan sesak. Di GP Austin yang merupakan trek favorit Honda yang akan jadi lokasi  seri 2 pada 10-12 April, bisakah Honda finish 1-2 macam musim 2013 dan 2014?

Mengganjal Yamaha dan Ducati di klasemen pembalap dan manufaktur, satu-satunya cara memborong juara dan runner-up. Sekalian berharap Valentino Rossi lagi-lagi terkendala di Austin. Dibandingkan RC213V, dulunya M1 memang tak ada apa-apanya di Austin. Tahun lalu Rossi finish ke-8 sementara Jorge Lorenzo ke-10. Musim 2013, JL ke-3 dan Rossi ke-5.

Bisakah Honda kembali mendapuk 1-2? Nah, itu dia Masbray yang bikin seru. Situasi terkini sepertinya akan berat buat Honda untuk kembali jadi raja di Austin, gara-gara faktor internal dan eksternal. Dalam kubu tim sendiri masih besar tanda tanya apakah Dani Pedrosa bisa tampil atau nggak di Austin.

Kalaupun bisa apakah Pedrosa dengan performa bagus atau terkendala arm pump (melemahnya lengan) macam di Qatar? Tinggal beberapa hari balapan, namun sejauh ini belum ada kepastian. “Kami berharap Dani bisa tampil. Ia sendiri tengah berjuang untuk itu karena tak ingin publik menganggap hal itu hanya alasan karena kalah,” ucap Livio Suppo, Team Principal Repsol Honda.

Dari sisi eksternal, perlawanan dari Yamaha jelas alot. Kini M1 berbekal SSG yang aktif naik dan turun gigi. Teknologi itu akan sangat bermanfaat pada sirkuit berkarakter gabungan top speed dan stop and go. Buktinya saat dijajal pada tes Sepang2, baik Rossi maupun Lorenzo bilang oke banget. Apalagi melihat performa M1 Rossi dan Lorenzo di tikungan Qatar jauh meningkat dari tahun lalu. Di R1 yang kebanyakan mirip Austin, M1 juga meningkat.

Tantangan eksternal lainnya jelas datang dari Ducati GP15. Tak perlu cerita panjang lebar soal kans Ducati berkat penampilan aduhai di sesi tes pra musim maupun race Qatar. Apalagi tahun lalu dengan motor lawas GP14 pun faktanya Andrea Dovizioso bisa podium ke-3 di Austin.

Untuk kembali menjuarai Austin, Marc Marquez memang tetap unggulan meskipun ia akui tahun ini akan jauh lebih sulit karena motor lawan makin sangar. “Austin salah satu favorit saya, saat balapan maupun atmosfer di luar balapan. Selalu enjoy di sana. Kita lihat saja nanti,” ujar Marquez yang bilang harus fokus di Austin untuk mengimbangi poin di klasemen pembalap.

Untuk cetak rekor hattrick 1-2, silakan tunggu konfirmasi Pedrosa! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Austin: Bahan Bakar Ducati Mulai ‘Dicekek’, Berkurang 2 Liter

MotoGP 2015 Pasca Race Losail: M1 Rossi Unggul Tiga Sektor, Kecuali Trek Lurus, Dipengaruhi SSG

MotoGP 2015 Pasca Race Losail Qatar: Rossi Pura-Pura M1-nya Pelan Di Latihan Sampai Kualifikasi

MotoGP 2015 Qatar (Pasca Race): Bautista Gagal Finish, Marquez Yang Disalahkan

BAGIKAN