nhk

MotoGP 2015 Jelang Austin: Head On Versus RC213V, Peluang GP15 Jadi Jurdun

 

ManiakMotor – Sensasi double podium di GP Qatar bisa jadi akan dilanjutkan sensasi GP15 berikutnya di GP Austin, 12 April. Andrea Dovizioso kini naik pamor, masuk unggulan kala  tembak-tembakan knalpot berikutnya di trek milik Texas, AS, itu.

Gagahnya Desmosedici GP15 di sepanjang tes dan semua sesi GP Qatar plus reputasi Dovi podium di Austin 2014 menjadi dasar mengunggulkannya. Seacara skill dan nyali, terbukti Dovi ndak  gemetaran oleh nama besr Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Ia bisa imbangi kedua pemegang gelar judun itu dan tarik-tarikan sepanjang balapan.

“Sekaligus itu bukti basis GP15 bekerja bagus dan punya daya tahan. Hanya sedikit saja masalah grip pada ban belakang. Saya coba hemat ban pada 10 lap pertama, tapi itu tak cukup ampuh karena lima lap jelang finish mulai terasa kekurangan grip. Tak bisa mempertahankan kecepatan yang sama pada tikungan yang sama,” kata Dovi yang pada lap terakhir gagal imbangi Rossi di R1 dan selanjutnya hanya bisa menekan hingga garis finish.

“Ketika punya kesempatan, semua pembalap pasti fight menjadi juara di akhir lomba. Peluang itu  kini dimiliki Ducati dan sebelumnya tak ada yang membayangkan kecepatannya. Saya belum tahu seberapa bagus GP15 di trek yang berbeda, mungkin saja di Austin bisa kami tingkatkan beberapa sisi teknis lagi. Tapi iyu tak tahu butuh berapa kali balapan lagi untuk menuntaskannya,” imbuh mantan joki RC213V dan M1 itu.

Ketika ditanya kans GP15 untuk bersaing berbut gelar tahun ini, Dovi menjawab diplomatis. “Berdasarkan perasaan usai di Qatar, jawabannya iya. Punya peluang. Tapi, itu bukanlah gambaran dari keseluruhan lomba tahun ini. Perlu 5 atau 6 race lagi untuk mengukur kesempatan tarung berebut gelar. Begitu realistasnya. Untuk saat ini saya sangat senang dengan semua yang dikerjakan teknisi Ducati, mereka tak pernah tidur banyak untuk mengembangkan motor.”

Satu lagi yang belum teruji dari GP15 adalah head on melawan Marc Marquez sebagaimana duo Andrea versus duet Yamaha Valentino Rosi dan Jorge Lorenzo di Qatar. Dan itu sangat mungkin terjadi di Austin. Semoga juga M1 pun terlibat agar persaingan baris depan lebih rancak lagi dari Qatar. Biar nontonnya nggak ngantuk, karena GP Austin pun memaksa sampeyan harus begadang menikmati tayangan langsungnya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Pasca Race Losail: M1 Rossi Unggul Tiga Sektor, Kecuali Trek Lurus, Dipengaruhi SSG

MotoGP 2015 Pasca Race Losail Qatar: Rossi Pura-Pura M1-nya Pelan Di Latihan Sampai Kualifikasi

MotoGP 2015 Jelang Austin: Aleix Sudah Oke, GSX-RR-nya Kurang Tenaga

MotoGP 2015 Jelang Austin: Ganjal Rossi dan Dovi, Honda Skenariokan 1-2 di Texas

MotoGP 2015 Jelang Austin: Bahan Bakar Ducati Mulai ‘Dicekek’, Berkurang 2 Liter

 

BAGIKAN