nhk

MotoGP 2015 Jelang Austin: Jurus Galbusera Pada M1 Rossi Di Amerika

 

ManiakMotor – Masih ingat saat masuk ke parkiran tiga motor juara di Losail? Saat turun dari M1 juara di Qatar itu, Valentino Rossi langsung mencari Silvano Galbusera. Kepala mekanik itu pun sumringah berpelukan dengan The Doctor. Keduanya seperti merayakkan kemenangan  berlebihan. Berarti memang ada jurus khusus Galbusera yang berhasil bikin Rossi melejit saat lomba.

Rossi sejak awal sangat percaya pada Pak Galbu. Katanya mekanik sebelum menggantikan Jeremy Burgess yang tak punya pengalaman di MotoGP ini punya kelebihan khusus. “Mas Silvano punya analisa perilaku motor. Ia teliti pada data yang selalu diolah pada M1 disesuaikan dengan pembalap dan sirkuit. Ini sangat berguna buat saya,” sebut Rossi ketika awalnya meminang Pak Galbu, eh Mas Silvano ketika menggantikan Jeremmy Burgess.

Untuk melihatnya pada tahun lalu Rossi sebagai runner-up di belakang Marc Marquez di klasemen. Semakin matang ketika tampil di ronde pertama di Losail 2015. Seperti kata Rossi, tahun ini Pak Galbu sudah memiliki semua data sirkuit yang dipakai musim 2015. Ia tinggal memainkan variasi  terbaik. “Ia pun makin paham dengan gaya balap saya dan saya juga makin paham caranya,” tambah Rossi.

Cara-cara seperti itulah yang ditunggu di Austin, Texas, Amerika. Ini sirkuit yang dua kali Rossi tampil di sana di luar harapan. Ya nggak naik podium. Rossi kesulitan sejak sesi latihan sampai raceday. Hasilnya tahun lalu dia hanya ke-8 dan tahun sebelumnya hanya ke-6.  Berat kan, tapi katanya beda dengan tahun ini dari hasil motivasi Qatar dan perfoma M1-nya di sana.

Sebenarnya tugas Pak Galbu hanya penyusun set-up di tempat. Set-up yang sesuai dengan kondisi motor, sirkuit dan joki saat itu.  Soal teknologi kan sudah urusan Yamaha Racing Jepang.  “Pada 2014 Valentino (Rossi) runner-up, hanya terpaut satu langkah dari juara dunia. Tahun depan ia ingin finish di klasemen akhir dengan hasil lebih bagus lagi. Jangan pernah remahkan Valentino,” ucap Galbusera  menyambut MotoGP 2015.

Eh ngomong-ngomong jurus apa yang dipakai di Austin pak? Wah nggak ada jawaban. Yang jelas Pak Galbu menjanjikan Rossi akan lebih baik dari 2014. Tak ada lebih baik dari tunner-up selain juara dunia. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Austin: Rossi Belum Membuka Strategi

MotoGP 2015 Jelang Austin: Dovizioso Sudah Tabuh Perang, Dia Suka Itu Trek Texas..!

MotoGP2015 Jelang Austin: Momentum Iannone, Incar Podium Kedua

MotoGP 2015 Jelang Austin: Tak Banyak Bisa Diperbuat Aoyama Gantikan Pedrosa

MotoGP 2015 Jelang Austin: Lorenzo Hanya Mungkin Melawan

BAGIKAN