nhk

MotoGP 2015 Jelang Brno: The Doctor Rossi Datang Dengan Target Minimalis

ManiakMotor – Brno salah satu sirkuit bersejarah buat Valentino ‘The Doctor’ Rossi. Di situlah kali pertama ia menoreh kemenangan di GP125 saat debut GP pada 1996. Juga punya 5 kemenangan di kelas primer dan 1 kali menang di GP250.

Tapi, reputasi apik itu tak membuat Rossi full optimistis menyongsong GP Ceko pada 16 Agustus ini. Tak lain karena trend yang sudah berubah. Trek Brno belakangan lebih berpihak pada Honda dengan kemenangan beruntun pada 2011 hingga 2014. Rossi terakhir menang di Brno pada 2009, dan kemenangan terakhir Yamaha di sana diraih Jorge Lorenzo pada musim 2010.

Secara teknis, prediksi Rossi, karakter Brno lebih klop dengan RC213V ketimbang M1. Karena itu sejak awal ia menempatkan Brno sebagai trek yang sulit meraih gelar juara lagi. “Saya sendiri tidak terlalu menyukai karakter Brno, tapi itu lebih baik daripada Indianapolis. Honda akan sangat kuat, rekan setim saya Jorge juga sangat kuat di sini. Jadi, saya harap tidak kehilangan poin terlalu banyak lah,” ucap Rossi, kembali ‘meremehkan’ diri sendiri seperti halnya di Indianapolis yang kemudian ternyata mampu ke podium.

Target minimal Rossi di Brno memang finish di dekat Marc Marquez dan khususnya Lorenzo agar posisi numero uno di klasemen tetap terjaga. Saat ini Rossi hanya unggul 9 poin dari Lorenzo. So, akan sangat berbahaya jika Lorenzo juara sedangkan Rossi gagal jadi runner up, maka posisi klasemen langsung diambil alih Lorenzo. Jika JL juara dan Rossi hanya podium 3 maka poin di klasemen sama, tapi Jl yang teratas karena lebih banyak menang musim ini.

Posisi ideal adalah finish di depan Lorenzo. Jika aberat maka minimal menempelnya di garis finish. Caranya dengan coba meningkatkan hasil kualifikasi agar dapat starting grid sama-sama di depan. “Di Indy kami baru bisa dapatkan sentuhan baru di M1 pada sesi warm up. Di Brno harus peras otak sejak sesi latihan agar dapat set up yang bisa diandalkan,” kata Rossi.

Cobalah. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Brno: Pedrosa Siap Layani Rossi, Siap Pula ‘Singkirkan’ Marquez

MotoGP 2015 Jelang Brno: Genting Bagi Marquez, Masuk Trek Yang Tidak Disukai

MotoGP 2015 Jelang Brno: Mekanik Rossi dan Lorenzo Bersatu, Tak Ada Intrik di Paddock

MotoGP 2015 Jelang Brno: Bos Ingatkan Rossi dan Lorenzo, Musuh Mereka Adalah Honda

MotoGP 2015 Indianapolis (Pasca Race): Giliran Pedrosa Yang Dikagetkan Rossi

BAGIKAN