nhk

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Aksi Gila-Gilaan Marquez, Kondisi 2011 Lebih Parah Dari Sekarang

ManiakMotor – Tertinggal 49 poin saat ini di klasemen terbilang enteng buat Marc Marquez bila sudah temukan irama terbaiknya di atas motor. Ia punya pengalaman lebih parah pada musim 2011 dan itu adalah gambar sesungguhnya tabiat Marquez yang ‘gila’ di lintasan dan pantang menyerah.

Pada 2011 itu MM naik ke Moto2 setelah memenangi GP125 pada tahun sebelumnya. Ia lakoni status rookie dengan penuh drama sepanjang kompetisi. Dalam enam seri awal, MM sudah tertinggal 84 poin dari Stefan Bradl yang memimpin klasemen sementara. Tuh, kecil kan dibanding saat ini defisit 49 poin dari Valentino Rossi?

Tapi, pada seri ke-7 sampai 13, ia juara enam kali dan sekali runner-up. Posisi di klasemen tinggal defisit 6 poin, sementara sisa lomba ada 4 di Jepang, Australia, Malaysia, Valencia. Di Jepang, ia lantas finish kedua setelah Andrea Iannone sedangkan Bradl urutan ke-4. Itu  membuat MM naik ke puncak klasemen dengan keunggulan satu poin atas Bradl.

Drama lanjutan terjadi di Australia. MM nubruk Rattapark Wilairot saat latihan dan dinilai terlampau liar di lintasan. Doski dihukum penanlti satu menit saat kualifikasi dan membuatnya harus dari belakang. Hebatnya, MM tampil gila-gilaan dan bisa finish ke-3 sementara Bradl ke-2. Selisih poin jadi Bradl unggul tiga angka.

Episode berikutnya di GP Malaysia masih hadirkan drama yang tak bakal pernah terlupakan MM dan penggemarnya. Ia kecelakaan hebat pada FP1 sehingga harus istirahat di FP2 dan 3. Saat QTT, MM hanya tembus waktu urutan 36. Makin parah lagi di sesi warm-up, doski mendapat gangguan pandangan akibat kecelakaan di FP1 tadi dan akhirnya tak diizinkan dokter ikut balapan.

Menyongsong seri pamungkas di Valencia dengan keunggulan 23 poin. Sayangnya, MM pun kemudian dilarang dokter tampil di Valencia itu padahal doski nekat mau balapan di hadapan pendukung nasionalnya. Larangan dokter itu sekaligus menghapus mimpi dan perjuangan MM meraih gelar dunia. Bradl yang mendapatkannya meski celaka dan DNF di Valencia.

Mas dan mbakbro sekalian, itulah kisah heroik MM yang pastinya jadi inspirasi menghadapi ronde ke-7 MotoGP musim ini di Catalunya, trek yang hanya satu jam perjalanan dari rumah ortu Marquez di Cervera, Barcelona. Artinya, situasi musim 2015 ini memang sulit tapi tak akan membuat MM menyerah karena situasi lebih sulit pun bisa ia taklukkan.

Masalahnya berpulang kepada Honda. Jika bisa gelindingkan RC213V yang mumpuni  maka akan sangat mungkin MM bisa hadirkan drama-drama lagi macam musim 2011 itu. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Peringatan Buat Joki Yamaha, Marquez Bisa Bangkit Seperti Aslinya

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Marquez Mau Ubah Riding Style

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Motor Kegedean Power, Marquez pun Kacau Balau

BAGIKAN