nhk

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Arm Pump Makin Rawan di Kelas Primer

ManiakMotorArm pump makin populer di kancah balap MotoGP. Penyakit yang menyerang otot lengan dan bikin urat kaku tak bertenaga itu sudah membuat tiga pembalap masuk kamar bedah dalam dua bulan terakhir.

Setelah Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Pol Espargaro (Yamaha Tech3), kini Hector Barbera (Avintia Racing) yang kudu masuk klinik dokter bedah Xavier Mir. Tahun lalu si Xavier ini dua kali mengoperasi Pedrosa dan beberapa minggu lalu membedah tangan Espargaro.

Dr. Mir harus menyayat lengan Barbera untuk mereparasi urat-urat tangan kanannya. Kalau tidak, itu tangan akan terasa kaku, lemas, kadang sakit, dan tentu saja ndak leluasa menekuk selongsong gas secara pol kala balapan.

Penyakit arm pump jadi ngetop kala Casey Stoner menderitanya pada musim 2012 dan ditengarai jadi sebab kegagalannya mempertahankan jurdun yang diraih musim 2011. Sejak itu semakin banyak pembalap yang alami dan semuanya terjadi pada lengan kanan. Pasalnya, otot-otot lengan kanan itu kerja berlebihan saat balapan akibat keharusan ngegas sepolnya setiap saat.

Juga di tangan kanan ini tuas rem depan berada. Jadi sembari menahan rpm jari-jari juga dipaksa bekerja keras saat di depan tikungan. Itu berlangsung terus-terusan. Ya kalau di Muggelo 23 lap yang jumlah tikungannya 14, kalikan saja reaksi tangan kanan saat ngegas dan mengerem! “Saya harap proses penyembuhan bisa secepatnya agar bisa ikutan GP Catalunya. Seri tersebut sangat istimewa buat saya sebagai pembalap Spanyol,” kata Barbera yang terancam tak bisa main di rumah sendiri.

Jika absen di Catalunya, kerugian besar menanti. Soalnya, Barbera kini memimpin klasemen sementara Open Class. Padahal, kesempatan emas mendulang poin terbentang di Catalunya karena disemangati para famili, teman dan tetangganya. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Motor Kegedean Power, Marquez pun Kacau Balau

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Melandri Cabut Dari Aprilia, Pindah ke Yamaha Tahun Depan

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: M1 Lorenzo Makin Jadi, Tetap Waspada M1 Rossi

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Kontinyuitas vs Kualitas, Rossi vs Lorenzo

 

BAGIKAN