nhk

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Matador vs The Doctor, Duel Lorenzo – Rossi Yang Tertunda

ManiakMotor – Seperti Mugello di negeri sendiri, Sirkuit Catalunya di negeri tetangga pun sebenarnya trek favorit Valentino Rossi dengan total 9 kemenangan. Sialnya, Jorge Lorenzo pun kuat di sana dan tetap menyimpan potensi tersajinya duel khas sesama joki M1.

Sudah lima kemenangan Yamaha dalam enam balapan, skor sementara 3-2 untuk JL. Ironisnya, belum sekalipun Rossi dan JL berhadapan langsung dalam balapan. Belum pernah side by side yang ada jauh-jauhan. Kebanyakan duelnya justru melawan apsukan Ducati. Tadinya duel sesama M1 diprediksi terjadi di Mugello mengingat trek itu yang cenderung lebih cocok dengan M1. Namun, urung terjadi lantaran JL ngacir dengan cepat sejak start dan tak terdekati hingga garis finish.

Macam mana di Catalunya, 14 Juni nanti? Menilik dari sejarahnya dan kondisi terkini, peluang Rossi head to head melawan JL tetap besar. Keduanya pemegang juara terbanyak di Catalunya sejak era MotoGP digulirkan pada musim 2002. Rossi petik 4 kemenangan (1 kemenangan lain bersama Honda musim 2012 dan satu lagi era GP500cc musim 2001) sisanya bersama M1.

Sedangkan JL dapat 3. Artinya, Yamaha memang tokcer di Catalunya dengan total 7 kemenangan dari 13 kali pagelaran MotoGP pada trek yang juga dipakai untuk F1 itu. Honda baru 4 kali menang lewat Rossi (2002), Dani Pedrosa (2008), Casey Stoner (2011) serta Marc Marquez (2014). Dua lainnya disikat Ducati lewat Loris Capirossi (2003) dan Stoner(2007).

Catatan lain adalah performa 2014 saat Marquez juara, Rossi runner up sedangkan JL hanya urutan 4. Tapi, situasi terkini terbalik. MM tengah terpuruk sementara M1 lagi kuat-kuatnya, terutama Jl dalam tiga ronde terakhir setelah mengganti garpu depan M1-nya sehingga itu motor makin nurut diajak melibas tikungan.

Dengan basis set up yang sudah rapi, JL tentu masuk Catalunya dengan perasaan lebih mantap. Ia siap melawan para matador lain macam Marquez dan Dani Pedrosa yang bisa saja bangkit dengan cepat,dan pastinya juga siap melayani M1 milik Rossi. Masalahnya tinggal terletak pada tunggangan The Doctor. Jika Silvano Galbusera dan para mekaniknya bisa menyusun setingan apik maka bolehlah semua berharap akan terjadi duel khas M1, Lorenzo versus Rossi kali pertama musim ini.

Rossi sendiri akui harus kerja ekstra untuk dapatkan setingan seapik Jl pada M1-nya. Ia tak kuatirkan dukungan penonton tuan rumah yang akan lebih besar kepada para matador, termasuk JL. “Jorge sepertinya sudah sangat mudah bikin setingan. Kami harus bedah ulang segala sesuatunya untuk dapatkan setingan terbaik. Hanya itu yang harus dilakukan guna mengimbangi Jorge,” tegas Rossi.

Duel sesama M1 ini sangat menarik ditunggu tak lain karena keduanya tengah bersaing ketat dalam proses perburuan jurdun 2015. Rossi masih memimpin klasemen sementra, tapi hanya dengan selisih 6 poin dari tadinya yang unggul 29 angka dari JL. Jika JL kembali juara sedangkan Rossi hanya mampu sampai urutan 3 di Catalunya maka terjadilah kudeta di puncak klasemen. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Stoner Muncul Lagi, Geber RCV Versi Jalanan

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Aksi Gila-Gilaan Marquez, Kondisi 2011 Lebih Parah Dari Sekarang

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Peringatan Buat Joki Yamaha, Marquez Bisa Bangkit Seperti Aslinya

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Marquez Mau Ubah Riding Style

BAGIKAN