nhk

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Penting Buat Rossi Start di Front Row, Fight Sejak Awal

 

ManiakMotor – Enam podium dalam enam balapan membuktikan Valentino Rossi masih salah satu pembalap terkencang di kelas primer. Untuk melawan Jorge Lorenzo yang tengah on fire, set up M1 The Doctor haruslah the best untuk sesi Q2 maupun race. Itu pun harus ketemu sejak sesi-sesi awal. Ya supaya nggak kerepotan jelang race.

 Di Jerez dan LeMans, pace M1 Rossi sebenarnya bisa mengimbangi M1 milik JL. Sayangnya, The Doctor tak bisa uber rekan setimnya itu lantaran terlalu sibuk menyalip lawan di beberapa lap awal dan kehilangan banyak waktu. Di Mugello hal sama terjadi tapi lebih parah karena pace Jl memang jauh lebih baik.

Masuk seri ke-7 di Catalunya, Rossi pun sadar bakal sulit melawan JL yang tengah jiwanya tengah membara, kan on fire. Lain soal jika ia mampu memperbaiki hasil kualifikasinya yang sejauh ini sangat tak baik. Dalam enam laga awal posisi start Rossi tak sekalipun di baris depan, masing-masing urutan 8 (GP Qatar), 4 (Austin), 8 (Argentina),  5 (Jerez), 7 (LeMans), dan 8 (Mugello).

Tipikal Rossi selama ini memang tak terlalu mementingkan hasil kualifikasi karena hasil dalam balapanlah yang paling menentukan. Mungkin ada benarnya karena ia juara di Qatar dan Argentina plus podium di empat lomba lainnya.Tapi, menilik situasi dalam tiga balapan terakhir, sepertinya The Doctor harus mengubah sikap.

Ia sudah harus ekstra keras menyusun setingan sejak sesi latihan, tak hanya untuk balapan seperti selama ini tapi juga untuk kualifikasi di sesi Q2. Tentu akan lebih mudah buatnya bertarung dari front row dan tarung sejak awal, terlebih jika ia dan JL menggunakan komposisi ban yang sama pada M1 mereka.

Start dari row tiga saja bisa podium, tentu makin gampang jika start di depan. Mewujudkannya hal itu, ya itu urusan Rossi. Ia dan tim teknisnya sepertinya harus mengkaji ulang modifikasi sasis M1-nya. Sasis ini dipakai sejak di Jerez untuk memaksimalkan distribusi bobot yang nyatanya tak berkembang positif. Tak perlu mengajari Silvano Galbusera dan pasukan teknisnya untuk menyediakan setingan mumpuni untuk sesi Q2 dan race, karena itu sama saja mengajari ikan berenang.

Yang jelas, Rossi mengaku sudah mulai khawatir dengan kiprah JL saat ini yang mengancamnya di klasemen pembalap, yang tadinya unggul 29 poin kini hanya berjarak 6 poin. “Jorge jadi masalah besar saya dalam mempertahankan posisi memimpin klasemen.  Di Catalunya kami harus ekstra keras untuk dapatkan pace yang mampu melawannya,” ucap Il Dottore seusai seri Mugello lalu.

Betul, akan jadi masalah besar jika Rossi tak mampu membendung JL di Catalunya. So, tunggu saja tanggal mainnya dan semoga saja Pak Galbu bisa siapkan M1 semantap-mantapnya agar duel Rossi vs Lorenzo bisa tersaji untuk kali pertama musim ini. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Matador vs The Doctor, Duel Lorenzo – Rossi Yang Tertunda

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Stoner Muncul Lagi, Geber RCV Versi Jalanan

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Aksi Gila-Gilaan Marquez, Kondisi 2011 Lebih Parah Dari Sekarang

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Peringatan Buat Joki Yamaha, Marquez Bisa Bangkit Seperti Aslinya

 

BAGIKAN