nhk

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Rossi Mulai Mikir Soal Posisi Start

ManiakMotor –  Portal ini ternyata tak salah menulis  MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Penting Buat Rossi Start di Front Row, Fight Sejak Awal. Ulasan itu pun sudah nongol duluan usai lomba di Mugello, nih tulisannya; MotoGP 2015 Mugello Paca Race: Rossi Memang Podium, Tapi Harus Keras Lebih Awal. Buktinya, Valentino Rossi melalui rilis tim Movistar Yamaha bilang akan berjuang mendapatkan posisi start di depan menghadapi Catalunya.

Meski tak pernah start front row musim ini, The Doctor memang sukses meraih dua kemenangan dan selalu naik podium. Ia selalu bisa menekan lawan dengan teknik merawat stamina dirinya dan ban. Tapi, itu bisa dilakukan saat lawannya memang kesulitan dengan daya tahan bannya. Kalau tidak, maka strategi Rossi selama ini yang mementingkan raceday harus diubah. Terlebih melawan Jorge Lorenzo yang punya kelebihan start dengan tepat dan melaju lebih dulu. Apalagi HL di tiga seri terakhir sama sekalitak punya keluhan pada M1-nya.

Dibilang atau tidak, Lorenzo target yang kudu dibidik Rossi di Catalunya, meski bukanlah mudah. Poin penuh Lorenzo dalam tiga balapan beruntun membuatnya kini memepet Rossi dengan selisih 6 poin di klasemen. Penting buat Rossi memulai balapan dari grid depan atau setidaknya di dekat Lorenzo agar masalah seperti di Mugello tak terulang.

Saat itu Lorenzo langsung dapat keuntungan karena balapan sendirian di depan, fokus pada diri sendiri dan tentunya lebih leluasa menjaga racing line yang bikin semuanya jadi awet, ya stamina joki awet, mesin M1-nya awet dan ban juga awet. Sebaliknya, Rossi kehilangan banyak waktu tertahan rider lain dan tak mungkin lagi mengejar rekan setim sekaligus rival beratnya itu. “M1 tahun ini tampak cocok di semua sirkuit. Motor Jorge sangat kompetitif dan saya harus dapatkan set up yang pas sejak sesi latihan agar dapat posisi start lebih baik,” ucap Il Dottore yang grid position terbaiknya musim 2015 didapat pada GP Austin, urutan 4.

Bukan hanya untuk meredam Lorenzo, posisi start di depan pun mulai dibutuhkan Rossi untuk menghindari masalah perlawanan dari rider Repsol Honda maupun Ducati. Ia sadar start terlalu jauh dari mereka akan jadi masalah tersendiri. “Sekarang ini kecepatan tiga tim pabrikan (Yamaha, Honda, Ducati) kurang lebih sama sehingga banyak hal bisa terjadi selama balapan. Saya harus dapatkan setingan untuk hasil terbaik di kualifikasi maupun balapan,” tegas Rossi yang selalu bergairah main di trek cepat Catalunya. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Tanda Tanya Besar Buat Marquez

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Spanyol vs Italia, 3 Lawan 3

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Saatnya Pedrosa Podium Lagi

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Matador vs The Doctor, Duel Lorenzo – Rossi Yang Tertunda

 

BAGIKAN