nhk

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Rossi Turun Takhta, Lorenzo Pemimpin Baru?

ManiakMotor – Jika kondisi dan kekuatan internal Yamaha masih timpang seperti di Mugello, sepertinya posisi Valentino Rossi sangat rawan di GP Catalunya, Barcelona, akhir pekan ini. Akankah The Doctor turun takhta sebagai pemimpin klasemen? Ya, belum tahu, karena lombanya belum mulai. Tapi izinkan portal ini memprediksinya.

Pertanyaan yang bikin deg-deg ser para pemuja dewa MotoGP itu. Sebaliknya jadi pertanyaan paling syur buat fans Jorge Lorenzo yang penduduk asli Barcelona. Di sana, JL sudah pasti punya semangat ganda bermain di kandang dewek. Saat ini JL hanya terpaut 6 angka di bawah Rossi, 118 lawan 112.

Jika JL kembali menang setelah tiga kemenangan beruntun sebelumnya, sementara Rossi hanya finish ke-3 macam di Mugello maka itulah saatnya The Doctor turun takhta. Smentara. JL mengkudeta seniornya itu dengan poin 137 sedangkan Rossi punya poin 134. Jika JL juara dan Rossi runner-up, defisit poin terpangkas tinggal satu poin saja.

Paling aman buat Rossi memang jika bisa finish di depan JL. Tapi, itu butuh kerja ekstra keras mengingat M1 JL betul-betul prima saat ini, sedangkan M1 Rossi  masih butuh utak-atik yang setidaknya mengimbangi pace lawan. Posisi Rossi semakin sulit karena hasrat meraih podium juga berdatangan dari kubu Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang juga bermain di depan sanak keluarga. Belum lagi hadangan duo Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Rossi pemain paling senior, jelas sadar. Makanya ia ingin fight sejak sesi free practice untuk mengejar grid yang di depan, satu hal yang selama ini takmasuk kamus prioritasnya. “Semua motor tim pabrikan saat ini punya kecepatan berimbang. Posisi di kualifikasi sangat penting,” katanya.

Di sisi lain, JL jelas lebih rileks, karena kuda besinya mudah disetel menjejak racing line. Ia sendiri tak menduga bisa bangkit cepat dalam tiga seri terdahulu setelah terpuruk di tiga seri awal. “Sejak seri Jerez aku mengubah cara berpikir sebelum balapan. Tak mau terbebani oleh poin dan coba nikmati balapan saja,” ujar JL yang belakangan banyak bicara, beda  dengan awal musim yang banyakan cembetut hehehe.

Sikap itu juga yang akan dibawa JL ke trek Catalunya. Enjoy di sepanjang balapan dan pastinya adalah harapannya di hati untuk mengkudeta Rossi di papan klasemen. Dan, pasti juga The Doctor bakal fight habis agar tak turun takhta di kandang musuh. Seru ya! Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Rossi Mulai Mikir Soal Posisi Start

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Tanda Tanya Besar Buat Marquez

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Spanyol vs Italia, 3 Lawan 3

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Saatnya Pedrosa Podium Lagi

BAGIKAN