nhk

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Celaka di Suzuka 8H, Stoner Balik ke MotoGP Tetap Jadi Isu

 

ManiakMotor – Sentuhan Casey Stoner belum hilang meski tiga tahun tak geber motor balap. Ia sukses memimpin tim Musashi Honda menempati front row Suzuka 8 Hours. Sayang berakhir dengan kecelakaan berat pada raceday Minggu (26/7) tadi pagi. Tangan kanan Stoner cidera dan timnya punya kans juara malah melorot sejauhnya, motor rusak.

Pasukan Musashi dibela  Stoner di Suzuka 8H menjadi lawan berat Yamaha Factory diperkuat Pol Espargaro, Bradley Smith dan Nakasuga yang saat tulisan ini diketik sedang memimpin Suzuka 8H. Saat ini atau tulisan di upload balapan sudah berlangsung 3 jam lebih dan masih tersisa 4 jam lebih. Sayang kembali safety car masuk saat lomba sudah berjalan 3 jam 25 menit. Maklum ada 70 motor yang ikutan, kecelakaan mudah terjadi.

Padahal, Stoner yang jurdun2007 dan 2011 itu, sebelum race mengaku tampil rileks saja dan hanya ingin menikmati adrenalin balapan lagi. “Saya tidak benar-benar fight dalam balapan ini sebagaimana dulu saya lakukan di MotoGP. Lagipula ini kerja tim di mana kami harus menyatukan karakter tiga pembalap yang berbeda, dengan riding style berbeda, dan juga dari latar belakang berbeda. Rileks saja tapi sungguh menyenangkan,” ucap Stoner yang baru kali ini lagi berkompetisi di balap motor sejak pensiun pada akhir musim 2012.

Mencermati prilakunya sejak sesi latihan sampai QTT Suzuka 8 Hours, antusiasme Stoner terbilang tinggi. Ia menjadi pemimpin tim dan sangat serius mendiskusikan segala sesuatunya dengan tim. Saat superpole, ia juga terlihat fokus memperhatikan satu per satu pembalap berjuang menorehkan best lap.

Itu sebabnya berbagai pihak melihatnya sebagai gelagat bakal comeback-nya Stoner ke ajang balap MotoGP. Apalagi umurnya masih 29 tahun, lebih muda 6 tahun dari Valentino Rossi dan sepantaran dengan Jorge Lorenzo. Terlebih lagi Stoner aktif sebagai test rider HRC (Honda Racing Corporation) sejak tahun lalu dan membantu siapkan tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Patut diingat kala Pedrosa cidera di awal musim, Stoner pun ajukan diri jadi pengganti yang sayangnya ditolak  bos HRC Shuhei Nakamoto.

Tapi, lagi-lagi Stoner menampik kemungkinan balik ke MotoGP seperti berulangkali ia katakan. “Saya memang fokus dan menikmati atmosfer Suzuka 8 Hours dengan format baru superpole. Suatu hal baru bagi saya, bisa mencermati satu per satu pembalap masuk lintasan untuk ukir waktu. Format baru ini sungguh  mengasyikkan,” ucap rider Australia itu yang sudah dua kali ikutan Suzuka 8 Hours.

Itu kata Stoner, tapi tunggu saja faktanya pada akhir musim 2015 nanti? Itu juga tergantung seberapa parah cideranya di Jepang. Juga tergantung izin istri yang mulai ngeri sejak tewasnya Marco Simoncelli pada GP Malaysia 2011.  Andro

BACA JUGA

Suzuka 8 Hour 2015: Stoner Kecelakaan Berat, Sementara Pasukan Pol Espargaro/Smith Ke-2

Suzuka 8 Hours 2015: Pol Bawa Yamaha Pole, Stoner Ke-4, Yudhistira Kedua Sejarahnya Indonesia

MotoGP 2015 (Jelang Indianapolis): Home Race Terakhir Buat Hayden?

MotoGP 2015 (Jelang Indianapolis): Hadapi Paruh Kedua, Begini Strategi Rossi

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Sirkuit Amerika Akan ‘Dilepas’ Rossi?

BAGIKAN