nhk

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Lebih Favorit Ketimbang Lorenzo

 

 

ManiakMotor – Dari tahun ke tahun sepanjang Valentino Rossi ikut MotoGP, dia selalu jadi favorit. Mau kalah mau menang, dia tetap dielukan. Apalagi tahun ini 9 laga berlalu sudah memimpin point di klaseme. Toh begitu masih terlalu dini memprediksi jurdun 2015.

Di atas kertas hitung-hitungan poin, masih ada 6 pembalap yang punya kans 2015 dan tentunya beda besar kecilnya. Mereka adalah Rossi (poin 179), Jorge Lorenzo (166), Andrea Iannone (118), Marc Marquez (114), Andrea Dovizioso (87) dan Bradley Smith (87).

Itu di atas kertas Brosist! Di balik kertas tentu hanya Rossi, Lorenzo, dan Marquez yang paling sibuk juara setiap event. Lebih sempit lagi, tentu  Rossi dan JL yang terbesar peluangnya. Pasalnya, MM harus menang beruntun 9 sisa laga agar bisa depak Rossi dan JL di klasemen akhir. Itu pun dengan syarat berat lainnya, yakni menempatkan Dani Pedrosa atau anak Ducati sebagai runner-up. Satu hal yang nyaris mustahil.

So, tinggal antara Rossi dengan JL yang saat ini hanya terpisah 13 angka. Pada tulisan terdahulu di portal ini, Loris Capirossi  mengunggulkan VR ketimbang JL lengkap dengan alasannya. Kini muncul alasan teknis dan logis Rossi sangat favorit. Dia punya M1 yang langsung pas dengan sasis terbaru yang diluncurkan di tes Catalunya dan  digeber di GP Assen dan Sachsenring. Hasilnya, Rossi juara di Assen dan podium di Sachsenring. JL sendiri urutan 3 dan 4 pada dua event itu.

Rossi menganggap sasis itu bikin M1 mudah ‘dilipat-lipat’ dan gampang masuk tikungan. Terutama lagi sasisnya malah bikin grip ban sesuai kondisi dibutukan. Kelenturan sasis teoat dengan kinerja suspensi dan lengan ayun yang mengendalikan ban.  Jelas 9 sisa laga ke depan, Rossi  pasti akan terus pakai sasis tersebut. “Tinggal utak-atik pengembangan sedikit lagi,” kata Rossi yang optimis bisa menang beberapa kali lagi dalam 9 partai lanjutan.

Sebaliknya dengan JL yang masih harus berjuang mendapatkan set up mumpuni dengan sasis barunya. Kendala yang ia alami tak hanya grip di roda belakang, tetapi juga prilaku roda depan saat masuk tikungan.  So, dalam soal sasis baru ini, JL tengah berda selangkah di belakang Rossi.

Pilihan JL hanyalah terus berjuang dengan sasis barunya atau balik ke sasis versi terdahulu yang memberinya empat kemenangan musim ini. Dua-duanya punya konsekuensi tersendiri. Macam  Marquez kini kembali kencang setelah ganti sasis RC213V-nya.  Apakah itu yang akan dilakukan JL?  

Karena masih bingung itu, jadilah Rossi jadi unggulan. Andro

BACA JUGA

Asia Talent Cup 2015 Sepang Race-1: Joki Indonesia Terlalu Dikasih Beban

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Biaggi Dukung Bradl ke Aprilia, Langsung Main Di Amrik

MotoGP Jelang Indianapolis: Dorrr… The Doctor Rossi Pun Mulai Tembak-Tembakan

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Capirossi Saja Unggulkan Rossi Raih Jurdun

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Capirossi Saja Unggulkan Rossi Raih Jurdun

 

BAGIKAN