nhk

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Punya Otak Macam Komputer, Begitu Kata Pak Galbu

 

 

 

ManiakMotor – Silvano Galbusera adalah sosok penting di belakang Valentino Rossi meraih sukses saat ini, memimpin klasemen sejak awal. Juga sedang memburu jurdun ke-10. Sebagai kepala mekanik, peran Pak Galbu sangat besar.

Tapi, Pak Galbu bilang berbeda. Katanya prestasi sementara ini adalah buah semangat besar dan kerja keras yang tak pernah henti dalam diri The Doctor. Dalam pandangannya, Rossi adalah pembalap sangat istimewa karena sangat paham pada kemampuan diri dan motornya.

Paling utama lagi, paham juga mengidentifikasi persoalan sekaligus mencarikan solusinya. “Otaknya seperti komputer. Mampu mencatat semua detil persoalan yang dihadapi. Usai balapan ia mampu menjabarkan perilaku motor di sepanjang balapan, di mana posisi lemah dan kekuatannya, begitu juga titik lemah dan keuntungan lawannya. Itu sangat membantu mengembangkan motor,” kata Galbusera dalam wawancara panjangnya dengan wartawan senior MotoGP David Emmett yang kemudian dimuat majalah terbitan Belgia Motorrijder dan baru-baru ini diulas oleh website Inggris.

Menurut Pak Galbu, Rossi masih pembalap yang cepat dalam umur 36 tahun karena kegigihannya menjaga kondisi dan membangun motornya.  Kerjansamanya dengan Rossi pun semakin mulus karena pakai bahasa Italia dan Galbusera bisa dengan mudah mentransfer apa maunya Rossi untuk mengencangkan M1. “Ia selalu ingin terbaik. Saya hanya perlu membuatnya nyaman dan percaya diri di garasi dan begitu pula kala berada di atas motornya,” tambahnya.

Dengan etos kerja dan otak komputernya, Galbusera tentu saja percaya Rossi akan bisa meraih gelar tahun ini. Bahkan tahun depan pun masih akan sanggup melawan pembalap sekaliber Marc Marquez.

Ya, Marquez boleh saja lebih muda dan dua tahun ini meraja. Tapi, jika tunggangan Il Dottore mendapatkan setingan yang mantap maka bakal tak mudah menyingkirkan si pembalap tua di MotoGP itu. Salah satunya berkat ‘komputer’ di kepala Rossi yang juga menyimpan banyak trik balapan. Trik itu sudah dua kali dipakai Rossi menyikat Marquez musim ini, di GP Argentina dan Assen. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Mulai Beraksi Dengan SE YZ450F

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Tak Punya Duit, Forward Yamaha Gagal ke Amrik

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Juragan Dibekuk Polisi, Rider Forward Yamaha Mulai Waswas

Suzuka 8 Hours 2015: Juaranya Yamaha Lewat Espargaro, Smith Dan Nakasuga

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Celaka di Suzuka 8H, Stoner Balik ke MotoGP Tetap Jadi Isu

BAGIKAN