nhk

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Siap Mainkan Taktik Catenaccio

 

ManiakMotor – Sebagai rider Italia dan juga penggemar sepakbola, Valentino Rossi paham betul apa makna catenaccio. Itu yang akan dimainkan melakoni 9 balapan sisa yang mulai pada GP Indianapolis, 7-9 Agustus.

Catenaccio adalah strategi tim nasional sepakbola Italia yang pernah jadi panutan sepakbola dunia pada dekade 1980-an. Itu pola pertahanan yang terorganisir, taktis dan efektif. Tujuannya adalah meredam lawan agar sulit mendekati gawang, apalagi mencetak gol. Sistem catenaccio pertamakali diperkenalkan pelatih Helenio Herrera pada 1960-an dalam tim Internazionale Milan yang juga klub favorit Valentino Rossi.

Prinsip catenaccio itulah yang akan diterapkan The Doctor untuk mencegah lawan mendekati posisinya sebagai pemimpin klasemen. Ia sudah memetakan kelebihan lawan dan kelemahannya pada 9 sirkuit di depan. Tentu dengan  simulasi perolehan poin antara dirinya dengan Jorge Lorenzo, juga faktor ancaman dari Marc marquez yang tak terduga. Saat ini Rossi unggul 13 poin atas Lorenzo dan 65 angka dengan Marquez.

“Libur musim panas cukup menyegarkan pikiran setelah tempur dalam 9 seri awal dengan podium 9 kali. Kini terbentang 9 seri sisa, beberapa di antaranya berlangsung pada trek di mana kekuatan motor kami tak sebanding dengan lawan. Salah satunya yang bukan favorit saya adalah Indianapolis. Saya perlu bertahan di beberapa balapan,” ucap Rossi.

Seperti sebelumnya disinggung dalam portal ini, Rossifumi cenderung melepas GP Indianapolis. Itu jika dalam sesi latihan sampai Q2 tak sekompetitif Honda. Begitupun pada seri selanjutnya di Brno dan Silverstone. Ia mainkan pola bertahan dalam arti hanya akan menjaga jarak dari kejaran Lorenzo tanpa harus pol-polan cari menang dengan resiko tersendiri jika meladeni gaya permainan Marquez yang super agresif.

“Marc belum bisa diabaikan dari perebutan gelar meski tertinggal 65 poin. Yang harus saya lakukan hanyalah mencoba menjauh dari Jorge dalam tiga ronde awal, dan setelah itu kembali berjuang merebut kemenangan. Beberapa trek lanjutan sangat saya sukai,” lanjut Rossi sembari sebut Misano, Sepang, dan Philip Island.

Sementara di Aragon, Motegi dan Valencia relatif imbang kekuatan M1-nya dengan RC213V. “Meski begitu, saya sudah siap memulai perburuan poin di Indianapolis. Semuanya sudah di-charge ulang selama musim libur,” tandasnya.

Apakah The Doctor bakal benar-benar menerapkan pola catenaccio atau itu hanya taktik untuk ‘merusak’ konsentrasi lawan sebelum balapan? Menarik ditunggu Brosist! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Pedrosa Bisa Ganjal Marquez di Kejurdun

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Dukungan Cewek Indonesia Untuk Marquez

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Yakin Makin Kencang, Bangat..!

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Kepepet 13 Poin dari Rossi, Lorenzo Masih Sibuk Promosi

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Marquez Tak Berambisi Kejar Rossi

BAGIKAN