nhk

MotoGP 2015 Jelang Inggris: Rossi Tahu Silverstone Sirkuit Lebar, Panjang Dan Cepat. Lalu?

 

ManiakMotor – Sirkuit kencang-kencang pun disebut teknikal. Tekniknya mengendalikan selagi motor dikebut habis.  Itu adanya di sirkuit Silverstone, Inggris yang digunakan ronde 12 MotoGP 2015 musim ini. Acaranya sudah mulai Jumat 28 Agustus untuk sesi latihan dan raceday 30 Agustus, Minggu nanti.

Valentino Rossi tahun lalu saat jumpa pers bercerita, katanya untuk menempatkan motor secara rutin di jalur yang tepat bukan perkara gampang di Silverstone. Alasannya, Silverstone trek yang panjang dan tinggal 100 meter lagi total panjangnya 6 km. Itu hanya dibagi 18 tikungan. Motor kudu ditempatkan di racing line pada kecepatan tinggi.

Disebutnya Silverstone adalah sirkuit cepat karena lewat jalurnya lebar yang rata-rata lebarnya 17 meter. Ilmu kira-kiranya, lintasan lebar di dalam tikungan pun tetap kencang. Kan awal masuk tikungan (out) punya ancang-ancang luas, di dalam tikungan (in) pun keluarnya sudah harus dibejak karena lintasan tersedia untuk kecepatan tersebut. Padahal sirkuit ini hanya memiliki trek lurus 770 meter. Tapi itu tadi tikungan-tikungannya kencang brosist.  

Rossi tahun lalu hanya ketiga di Silverstone. Saat itu yang pertama adalah Marc Marqurez dan kedua Jorge Lorenzo. Tahun  lalu Rossi mengaku, kesulitan menemukan racing line yang paling tepat di sirkuit cepat, panjang dan lebar. Tahun ini, M1 Rossi sudah lebih baik pada sistem pengereman yang dibutuhkan di sirkuit cepat untuk menghentikan motor. Tapi, “Di sirkuit ini sejak Jorge (Lorenzo) masuk ke MotoGP dia yang cemerlang,” tutur Rossi seperti melambungkan teman setimnnya dan musuhnya di klasemen saat masuk ke MotoGP Inggris 2015.

Lorenzo pun dapat angin saat menuju Silverstone 2015. Kata dia sendiri, dia punya keunggulan skill untuk melaju seperti di sirkuit Inggris tersebut. Dirinya dan motornya sudah oke untuk sirkuit-sirkuit cepat terutama di tikungan cepat. “Valentino oke di slow corner, tapi saya unggul di speed corner. Tinggal tergantung karakter sirkuit, lebih dominan mana?” kata JL seakan yakin bisa mengatasi Rossi di sirkuit macam Silverstone.

Tapi hati-hati dengan Marquez yang barusan atau 26 Agustus 2015 bikin komentara soal Silverstone. Katanya dia sangat menyukai karakter sirkuit tersebut. Tahun lalu dia juara di sana. “Jadi saya akan bermain lepas dan berusaha menang. Saya tahu dua pembalap Yamaha itu sedang tegang di klasemen,” singkat Marquez.

Wah TEEEGANG juga ya. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Lorenzo Unggul di Tikungan Cepat, Rossi di Tikungan Lambat

 MotoGP 2015 Jelang Silverstone: 2 Joki RC213V Bergerak Dengan Target Beda

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Smith Bertahan di Tech3, Kado Penting Tuan Rumah

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Rivalitas Rossi–Lorenzo, Ini Prediksi Bos Yamaha

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Tak Ada Yang Berubah, Marquez Jamin Atasi Yamaha

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Lorenzo Percaya Diri Melawan Rossi, Dia Juga Ikut Promo Bareng Rider Inggris

BAGIKAN