nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Angin Berpihak Pada Valentino Rossi, Kelingking Marquez Patah

 

ManiakMotor – Angin sedang berpihak pada Valentino Rossi untuk sementara. Musuh besarnya sebagai tuan rumah, Marc Marquez saat ini sedang cidera. Cideranya memang hanya pada kelingking kiri yang patah, tapi bagaimana pun akan berpengaruh pada penampilan Marquez di sirkuit Jerez, Spanyol yang raceday pada 3 Mei 2015.

Dr. Xavier Mir yang membedah cidera Marquez ndak bisa pastikan pulihnya Marquez akan 100 persen saat lomba di Jerez. Sebab waktunya hanya seminggu dari pasca operasi dan pemasangan pelat titanium akibat cilaka ketika latihan dirt track pada Sabtu 25 April. Lagi sial memang si Marc. “Tangan yang cidera pada Marc sebenarnya tak terlalu berpengaruh untuk operasioanal motornya. Kelingkin itu hanya sangat berfungsi saat start,” jelas si dokter.

Maksud si dokter tersebut kelingking kiri dibutuhkan untuk menarik tuas kopling ketika start. Dengan teknologi SSG  motor berhasil bejalan tuas kopling sudah tak perlu diremas-remas. Dengan reduksi tanpa jeda, gigi akan masuk sendirinya saat tungkai persneling diumpan. Walau pun cidera, Marquez masih akan bisa ngebut  dengan Honda RC213V-nya. Toh yang namanya patah tulang buatan Tuhan, masih sakit karena jaraknya hanya seminggu.

Di sisi lain Dani Pedrosa yang teman setim Marquez yang juga tangguh di Jerez dipastikan belum tampil. Jorge Lorenzo yang rekan kerja Rossi di Movistar Yamaha penampilannya dalam tiga seri lalu masih banyak alasan. Dari mental pun saat ini dia lebih hormat pada The Doctor seperti kata-katanya usai lomba di Argentina.  Katanya nih, Rossi saat ini bermain di atas rata-rata peserta MotoGP.

Apalagi di Jerez. Sirkuit yang main otak. Entah otak para insinyur mesin dan otak jokinya. Secara  tradisional M1 sebenarnya banyak unggul di sini, kecuali dengan munculnya Marquez. Tapi melihat tiga seri lalu, M1 Rossi sudah terbentuk sebagai mana motor yang telah satu jiwa dengan The Doctor. Ya kalau disebut Satu Hati kan sudah milik Marquez. Jelaslah M1 akan enteng menggelinding di Jerez. Set-upnya mudah dibangun dengan penguasaan sirkuit di luar otak, eh kepala si Vale yang tiga seri lalu bermain dengan determinasii nggak ada matinya. Tahun lalu dia kedua di belakang Marquez di Jerez.

Sirkuit Jerez panjangnya 4.4 km yang memiliki 13 tikungan ke kanan 8 dan 5 ke kiri yang kebanyakan menikung flow atau mengalir. Hanya ada dua tikungan yang ke gigi rendah, itu pun sudah ada formulanya dari M1 pada full SSG. Trek lurusnya pun tak mengganggu M1 dengan hanya 607 meter. Jadi kondisi terkini anginnya ada pada M1 Rossi. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: The Doctor Pastikan Marquez Main, Tapi Tidak 100%

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Lorenzo Jadi Local Hero, Sanggup Nggak Kalahkan Rossi?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Belum Jelas, Stoner atau Akiyoshi Sebagai Pengganti?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Tahun Lalu Nomor 2, Sekarang Rossi Fokus Nomor 1

BAGIKAN