nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Bos Ducati Tunggu Kemenangan, Tikungan Berantai GP15

 

ManiakMotor – Ducati GP15 memang konsisten, walau belum juara seri. Tiga kali tampil 2015, tiga kali pula runner-up. Itu membuat Andrea Dovizioso harus diperhitungkan dengan Desmosedici GP15-nya. Para petinggi Ducati sudah deg-degan menunggu kemenangan pertama sejak 2010.

“Trek Jerez selalu menyulitkan buat saya dan juga Ducati,” ragu Dovi yang tahun lalu finish ke-5  tapi dengan selisih waktu 27,4 detik. Sangat jauh dari anak-anak Honda dan Yamaha.

Kendala utama saat itu adalah lay out 13 tikungan Jerez yang dengan GP14 sangat sulit ditaklukan. Model tikungan Jerez adalah berantai. Semua rangkaiannya bersambung. Keliru di satu tikungan akan ngaruh pada tikungan-tikungan berikutnya. Tapi itu dulu dengan Ducati lama yang memang lemah soal mengubah-ubah arah.

Kini berbeda, walau Dovi ragu. “GP15 memang oke di tiga trek awal dan sepertinya juga akan bagus di semua sirkuit. Itu yang membuat saya rada optimistis dan berharap bisa juga dapat hasil bagus di jerez,” kata Dovi yang sudah kumpulkan 60 poin dan memepet Valentino Rossi dengan selisih 6 angka saja.

Dovi memang terkesan ragu untuk bukukan kemenangan perdana GP15. Ya, lagi-lagi faktor sirkuit tadi, GP15 pun akan sulit memetik keuntungan di trek lurus karena lintasan lurus jerez hanya 607 meter. Terlalu singkat jaraknya untuk mengembangkan rpm yang tinggi. Padahal, di area itulah sudah terbukti keunggulan Ducati versus Yamaha dan relatif imbang dengan Honda.

Tapi, jika kru teknis yang dikomandani Luigi Dall’Igna bisa bikin set-up sesuai permintaan joki dengan karakter Jerez, maka bukan mustahil Dovi kembali melenggang ke podium.  Beda dengan seniornya, Andrea Iannone malah sangat bersemangat masuk Jerez dan incar podium kedua kalinya setelah GP Qatar. “Saya sangat menyukai Jerez. Pada 2011 saya raih kemenangan di kelas Moto2. Bukan hal mudah tapi saya pasti berjuang untuk hasil terbaik,” katanya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Target Standar Lorenzo, Cuma Podium

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Rossi Incar Podium Ke-200, Tunggu Taktik Pak Galbusera

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Songsong Podium Ke-200 Kali Dari Valentino Rossi

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Beda Dengan Rossi, Marquez Anggap Lorenzo Bukan Teman

BAGIKAN