nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Hati-Hati, Suzuki Bisa Acak-Acak Situasi!

 

 

ManiakMotor – Front row di grid position GP Argentina dan finish 8 Besar menjadi dasar untuk tidak menyepelekan Aleix Espargaro di atas Suzuki GSX-RR. Apalagi, pendukungnya pun akan berduyun-duyun ke Jerez. Di sirkuit ini juga katanya GSX-RR akan menggunakan SSG. Itu baru katanya,

Kelemahan GSX-RR dalam tiga laga awal adalah power. Power bukan hanya diukur di trek lurus. Akselerasi usai menikung menuju tikungan berikutnya juga butuh tenaga setiap gigi.  Termasuk di Termas de Rio Hondo yang nggak punya trek lurus panjang. Toh tidak sekejam trek lurus Austin yang minta tenaga banyak.

Jerez yang tikungannya sambung menyambung dan satu kesuatan ada 13 tikungan (5 kiri dan 8 kanan) dengan panjang 4.4 km, pasti jadi kegemaran Aleix.  Lha wong dari kelas pembibitan dia sering balap di situ. Penguasaan sirkuit ini akan dimanfaatkan Aleix meluncurkan GSX-RR-nya.

“Kondisi sirkuit seperti itu jelas lebih baik buat kami. Secara pribadi saya sangat menyukai tipikal Jerez. Begitu pula atmosfernya karena selalu padat penonton dan beri motivasi ekstra buat rider Spanyol. Tak sabar ingin lihat bagaimana performa GSX-RR di trek itu,” ucap Aleix yang tahun lalu finish urutan 7 di atas motor Open Class.

Suzuki sendiri masih terus dalam proses pengembangan motor. Semua data dari tiga race terdahulu  masuk laboratorium pabrik di Jepang untuk diolah dan mengembangkan berbagai komponen. Sasis, misalnya, terus dioprek sampai Mas Aleix mendapatkan yang benar-benar nyaman.

Kabarnya GSX-RR akan dilengkapi beberapa part baru di Jerez termasuk SSG. “Namun tujuan utama adalah pengembangan motor setelah diolah berdasarkan data tiga balapan terdahulu. Soal hasil, saya harap tetap mendapatkan poin dan bagus jika bisa masuk 8 Besar lagi,” kata Aleix.

Lho, kok bukan 4 Besar? Takut dianggap takabur ya? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Bos Ducati Tunggu Kemenangan, Tikungan Berantai GP15

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Target Standar Lorenzo, Cuma Podium

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Rossi Incar Podium Ke-200, Tunggu Taktik Pak Galbusera

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Songsong Podium Ke-200 Kali Dari Valentino Rossi

BAGIKAN