nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Lorenzo Jadi Local Hero, Sanggup Nggak Kalahkan Rossi?

ManiakMotor – Ini hanya andai Marc Marquez benar-benar terkendala tampil di Circuito de Jerez. Soalnya terlhat difoto balutan tangannya banyak juga. Maka ronde 4 MotoGP minggu ini beban tuan rumah tumpah pada Jorge Lorenzo. Ia wajib menghadang para rider Italia menguasai podium GP Spanyol. Tapi, doski sanggup nggak ngelawan Valentino Rossi?

Dalam dua tahun terakhir sangat seru menyimak perang bintang lokal Spanyol di Jerez antara JL, Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Selalu berlangsung panas karena kaitannya dengan jati diri di depan publik sendiri. Boleh dibilang sudah antardaerah buat mereka. Saking panasnya, para pembalap senegara itu siap pasang dan bentur bodi macam JL versus MM di musim 2013 yang ironisnya terjadi di tikungan 13 yang baru saja diberi nama baru Jorge Lorenzo Corner.

Kini DP tak tampil, Marquez pun tanda tanya akibat cidera saat latihan dirt track. JL jadi satu-satunya rider Spanyol yang punya potensi membendung trio Italia yang tengah moncer macam Rossi bersama duet Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Memang sih ada rider Spanyol lain macam Aleix Espargaro dan sang adik Pol Espargaro, ada pula Mavericik Vinales dan Alvaro Bautista, tapi seluruhnya belum pada level sebagai penantang juara.

JL sendiri sudah bertekad pol-polan di depan keluarga besarnya sendiri. Bukan cuma demi kepuasan fans lokal, tapi sekaligus mengerek posisi di klasemen pembalap. Tanpa podium di tiga seri awal menempatkan JL di posisi 4 di bawah anak-anak Italia tersebut. Hanya kemenangan yang bisa mendekatkan jaraknya dengan Rossi yang kini terpaut 29 poin.

Ironisnya, JL terkesan ragu apakah bisa mengalahkan teman setimnya itu di Jerez. “Saya dan kru teknis terlebih dahulu harus mencari cara mengencangkan motor. Jika pace-nya sudah stabil dan regular naik podium barulah bisa bicara kemenangan. Valentino tampil hebat di GP Argentina dan saya nggak paham bagaimana cara dia memperlakukan M1 seapik itu,” ucap JL yang seolah tak berani pasang target mengalahkan The Doctor di Jerez.

Tapi, kata JL lagi nih, sebenarnya ia dan M1-nya lumayan kompetitif musim ini. Di Qatar ia punya kecepatan dan peluang juara sebelum terbuang gara-gara spon helm yang melorot. Lalu di Austin terserang bronsitis sehingga harus disuntik antibiotik. “Kekecualian di Argentina. Saya nggak paham apa yang terjadi. Saya tak bisa kuasai M1 sehebat Valentino dengan extra hard tyre,” tandasnya.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Belum Jelas, Stoner atau Akiyoshi Sebagai Pengganti?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Tahun Lalu Nomor 2, Sekarang Rossi Fokus Nomor 1

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Spekulasi Soal Marquez, Tampil Ndak di GP Spanyol?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Masuk Rumah Sakit, Harus Sembuh 24 Jam

BAGIKAN