nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Belum Jelas, Stoner atau Akiyoshi Sebagai Pengganti?

 

ManiakMotor – Sudah lebih dari 24 jam setelah dioperasi belum ada konfirmasi resmi apakah Marc Marquez benar-benar bisa tampil di GP Spanyol atau tidak. Karena tak jelas maka berbagai analisa ’liar’ pun bertebaran. Cidera MM diduga lebih parah dari yang dipublikasikan. Bukan tulang bergeser atau terkilir, tapi mungkin saja patah.

Pasalnya, dokter menanam secuil pelat titanium dalam jari kelingking kirinya. Pemasangan titanium itulah yang memberi ‘tanda’ kalau cidera MM memang lebih parah dari yang diumumkan. Jika benar itu tulang kecil patah maka proses normal penyembuhannya antara 2 sampai 3 minggu.

Artinya, MM tak akan muncul di Circuito de Jerez yang menghelat ronde ke-4 MotoGP 2015. Kalaupun muncul tentu harus dengan obat penahan sakit yang benar-benar paten. Meskipun fungsi kelingking kiri itu tak begitu vital dalam operasional teknis RC213V, tapi jika sakit saat digerakkan tentulah jadi kendala berat.

Andai tak juga ada konfirmasi resmi hingga Kamis (30/4) maka kepastian ikut tidaknya MM di Jerez baru akan ketahuan pada sesi latihan Jumat (1/5). Kalaupun dua sesi FP awal ia lewati, maka ia masih boleh ikutan GP Spanyol dengan batas sampai sesi FP4.

Skenario paling pahit jika situasi benar-benar menyebabkan MM harus jadi penonton di rumah sendiri, lantas siapakah yang menggantikannya? Media otomotif Eropa meneybut dua kemungkinan. Pertama adalah memberi kesempatan kepada test rider Kousuke Akiyoshi, seperti kesempatan yang diberikan kepada testrider satunya, Horoshi Aoyama, yang saat ini tengah menggantikan Dani Pedrosa yang juga dilanda cidera.

Kemungkinan kedua adalah memanggil kembali Casey Stoner untuk sekadar menyelamatkan poin buat konstruktor. Masalahnya apakah bos HRC Shuhei Nakamoto mengizinkan atau tidak karena kabarnya doskilah yang menolak kala Stoner menawarkan diri menjadi pengganti Pedrosa.  Pertanyaan berikutnya apakah Stoner bersedia atau tidak?

Masbro sekalian, semua itu memang masih spekulatif sifatnya. Belum ada yang pasti dan baru berandai-andai. Kecuali kalau ada keterangan resmi dari Repsol Honda ataupun dari MM dalam 3-4 hari ini, segala sesuatunya akan terang benderang. Semoga saja begitu agar analisa yang ada tak semakin liar. “Memang jari kelingking tangan kirinya ada patahan dan bergeser. Saya tak jamin Marc 100 persen sembuh saat  tampil di Jerez. Tapi namanya pembalap akan berusaha menekan cideranya,” ungkap Dr Xavi Mir dalam wawancaranya dengan MotoGP.Com, belakangan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Tahun Lalu Nomor 2, Sekarang Rossi Fokus Nomor 1

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Spekulasi Soal Marquez, Tampil Ndak di GP Spanyol?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Masuk Rumah Sakit, Harus Sembuh 24 Jam

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Ikutan Minimoto, Lupakan GP Argentina

 

 

 

BAGIKAN