nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Masuk Trek Eropa, Rossi Yakin Balapan Makin Hot

ManiakMotor –  YZR-M1 gebetan Valentino Rossi rasa-rasanya sih bakal kuat di seluruh trek MotoGP sepanjang musim 2015. Analisanya sederhana saja karena itu M1 sudah tiga kali podium di tiga sirkuit dengan karakter yang sangat berlainan.

Tolok ukur paling utama lagi performa M1 di GP Austin, yang tipikal sirkuitnya paling menyusahkan Yamaha selama ini. Memang sih tak juara di sana dan sejak awalk The Doctor tak mimpi jadi juara di sana. “Dari semua sirkuit, Austin paling susah buat kami. Sirkuit itu memang hanya cocok buat Honda, lebih jelasnya lagi hanya cocok buat Marc (Marquez). Tapi, saya sangat senang dengan perkembangan tahun ini, M1 banyak kemajuan,” ujar Rossi saat masih berada di Austin.

Setelah kemenagan mengejutkan di GP Argentina, kemenangan kedua setelah GP Qatar, The Doctor kini makin optimistis karena putaran kompetisi mulai bergeser ke Eropa. Pada trek-trek tradisional itu, Rossi punya pengalaman panjang dan sebagian besar tipikalnya adalah kegemarannya.

Masuk trek Eropa dengan modal 66 poin dari tiga balapan saja menjadi modal psikologis yang tinggi. “Saya sangat yakin Marc bakal bangkit meski sudah tertinggal 30 angka. Kebangkitan seperti  itu sudah pernah ia perlihatkannya,” komentar Rossi soal kiprah Marquez yang awal musim 2013 juga tertingal 30 poin dari lawan tapi akhirnya mampu jadi jurdun di akhir musim.

Ya itu dulu sebelum ada beban apa-apa dari Marquez. Saat berbeda beban yang ditanggungnya. Toh memprediksi kebangkitan Marquez di trek Eropa plus jaminan kinerja M1 saat ini, menurut The Doctor akan membuat serial balap berikutnya makin hot dan jos.

Apalagi di antara Rossi dan Marquez kini terdapat Andrea Dovizioso yang juga edan di atas Desmosedici GP15. “Saya hanya unggul 6 poin atas Dovi. Selain Marc, anak ini juga layak diwaspadai. Saya pikir Jorge (Lorenzo) pun masih dalam hitungan. Saya harap ia juga semakin kuat di trek Eropa,” tandasnya.

Serial Eropa diawali GPJerez pada minggu depan. Seperti dibilang Rossi, pasti perlawanan Marc bakal pol-polan di depan pendukungnya sendiri. Dan, yang juga layak dinanti adalah apakah semangat tinggi itu akan membuat agresivitas tinggi Marquez terpicu kembali atau justru makin bijak merwata poin setelah kasus Argentina? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Pedrosa Belum Pikir Balap, Cuek Senggolan Marquez Vs Rossi

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Simpan Rahasia, Marquez Ingin Terus Baikan Dengan Rossi

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Rossi Akui Belajar Dari Marquez, Kini Harus Pelajari Dovizioso

MotoGP 2015 Argentina (Pasca Race): Perang Ban Rossi vs Marquez, Begini Analisa Bridgestone

BAGIKAN