nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Rossi Penguasa Jerez, Incar kemenangan Ke-9

 

ManiakMotor – Catatan sejarah dan statistik ndak pernah bohong menempatkan Valentino Rossi sebagai penguasa GP Spanyol di Circuito de Jerez. Akankah label itu semakin melekat pekan ini?

Sejak berlaga di Grand Prix pada 1996, Rossi sudah meraih 8 kemenangan di Jerez. Masing-masing 1 di kelas 125, 250 dan 500Cc dan lima kali di kelas para raja MotoGP. Reputasi itu menempatkan Il Dottore sebagai rider paling sukses di Jerez. Itu pula sebab publik Jerez menghormatinya meski ia anak Italia dan sepanjang masa menjadi musuh para rider Spanyol.

“Saya sangat senang kompetisi mulai masuk trek-trek Eropa yang sebagian besar adalah trek favorit saya,” kata Rossi usai GPArgentina dan beberapa hari ini belum ngomong apa-apa lagi meski sudah tahu pasti kalau MM tengah cidera.

Termasuk Jerez itu yang ia senangi. Ia menangi MotoGP di trek itu pada musim 2002, 2003, 2005, 2007, dan terakhir 2009. Ia satu dari tiga orang saja pembalap luar Spanyol yang mampu memenangi GP Spanyol saat main di Sirkuit Jerez. Dua lainnya adalah Casey Stoner dan Loris Capirossi.

Setelah 5 tahun ‘menderita’ tanpa mahkota di Jerez, kini The Doctor datang lagi dengan status unggulan sekaligus kesempatan membidik gelar ke-9. Peluang besarnya bukan karena musuh utama Marc Marquez sedang ditimpa cidera patah tulang jari kelingking, tapi karena performa yang memang tengah paten.

Dua kemenangan dari tiga laga awal jadi bukti M1 milik Rossi tengah nanjak dan saat sama jadi bukti kalau nyali, skill, dan kepiawaiannya bikin strategi masih jempolan. Mencermati statistik yang nggak bohong itu, The Doctor memang nggak perlu banyak omong bicara peluang di Jerez dengan potensi M1-nya saat ini.

Betul ora Son? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Angin Berpihak Pada Valentino Rossi, Kelingking Marquez Patah

MotoGP 2015 Jelang Jerez: The Doctor Pastikan Marquez Main, Tapi Tidak 100%

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Lorenzo Jadi Local Hero, Sanggup Nggak Kalahkan Rossi?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Belum Jelas, Stoner atau Akiyoshi Sebagai Pengganti?

 MotoGP 2015 Jelang Jerez: Tahun Lalu Nomor 2, Sekarang Rossi Fokus Nomor 1

BAGIKAN