nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Tahun Lalu Nomor 2, Sekarang Rossi Fokus Nomor 1

ManiakMotor – Musim lalu dengan kondisi YZR-M1 ’seadanya’ Valentino Rossi bisa pecah hegemoni rider Spanyol di Circuito de Jerez. The Doctor hanya kalah 1,431 detik dari Marc Marquez yang memang tak terkalahkan sejak awal di atas RC213V. Macam mana edisi 2015 yang sesi FP1-nya mulai pada Jumat (1/5) ini?

Dibilang seadanya karena waktu itu teknologi M1 belum secanggih musim ini yang  pakai full SSG. Saat itu pula M1 masih dibangun Rossi bersama Silvano Galbusera terutama pada distribusi bobot dan ban belakang spek 2014. Galbusara pun tahap ‘belajar’ mendampingi Rossi sebagai Chief Engineer. Tapi, Rossi bisa podium bersama Marquez dan Dani Pedrosa, sekaligus merusak all Spanish podium macam 2013 yang dihuni DP, MM, dan Jorge Lorenzo.

Kompilasi data tahun lalu dengan situasi terkini tentu layak memfavoritkan Rossi di GP Spanyol. Ia bakal jadi lawan terberat Marquez dengan catatan jika cidera MM saat ini bisa sembuh total sebelum raceday. Dan, Rossi sendiri sudah pancang target nomor 1 di Jerez. Bukan sekadar omong dan niat, tapi ditunjang oleh data terkini.

M1-nya sudah cetak 2 kemenangan di Qatar dan Argentina, plus stau podium ketiga di GP Austin. Ketiganya jadi parameter Rossi untuk lakoni serial balap berikutnya. “Khususnya di Austin, performa M1 berkembang pesat. Itu trek paling menyusahkan buat kami. Sekarang kompetitif di sana dan karena itu M1 akan kompetitif di semua trek berikutnya,” ucap The Doctor.

Kesulitan pengereman di titik terdalam dan lemahnya akselerasi begitu keluar tikungan, kata Rossi, kini sudah bisa dieliminir para teknisi Yamaha. “Secara umum sudah makin imbang dengan motor Marquez. Sedikit kelemahan kami masih terdapat di trek lurus, motor kami kalah power. Tapi, itu tidak terlalu banyak pengaruhnya,” tandasnya.

Ia memprediksi perburuan juara GP Jerez minggu depan akan luarbiasa hebat. Marquez dan Jorge Lorenzo tentu punya semangat dan keuntungan psikologis karena tampil di depan fans sendiri. Sebaliknya, The Doctor juga punya keuntungan psikologis karena masuk Circuit de Jerez sebagai pemimpin klasemen sementara. “Fight berebut gelar juara, itu target di setiap balapan ke depan,” tegas Rossi usai kemenangan di GP Argentina.

Rossi tentu sadar, yang harus ia jaga di GP Jerez bukanlah Marquez dan Lorenzo doang tapi juga Andrea Dovizioso di atas Desmosedici GP15. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Spekulasi Soal Marquez, Tampil Ndak di GP Spanyol?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Masuk Rumah Sakit, Harus Sembuh 24 Jam

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Ikutan Minimoto, Lupakan GP Argentina

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Rawan, Mesin Segar Marquez Tinggal 2 Unit

 

 

 

BAGIKAN