nhk

MotoGP 2015 Jelang Jerez: The Doctor Pastikan Marquez Main, Tapi Tidak 100%

ManiakMotor – Tangan kiri masih diperban tapi Marc Marquez akan menghibur pendukungnya yang seabrek pada GPSpanyol di Sirkuit Jerez pekan ini. Doski akan beri perlawanan kepada Valentino ‘The Doctor’ Rossi.

Hal itu ditegaskan The Doctor sungguhan bernama Dr. Xavier Mir, ahli bedah yang jadi langganan para pembalap top, termasuk Marquez. Dokter ini yang mengoperasi kelingking MM pada Sabtu lalu akibat insiden saat latihan dirt track. Untuk meredam berbagai spekulasi soal parah atau ringannya cidera MM dan soal bisa tidaknya tampil di Jerez, Dr. Mir merasa perlu keluarkan pernyataan khusus.

 Ia akui tulang jari kelingking MM memang patah sehingga perlu  dipasangi plat titanium. Bisa patah karena saat jatuh kala main dirt track, rider di belakangnya melindas itu jari. “Dengan pengobatan khusus beberapa hari ini, saya yakin Marc akan bisa tampil di GP Spanyol. Hanya perlu mencegah peradangan pada tangannya,” kata Dr. Mir.

Beberapa hari yang dimaksud The Doctor sungguhan tidak dirinci sampai hari apa. Apakah sudah bisa tampil di sesi FP1 dan 2 pada Jumat (1/5) atau MM baru akan main pada sesi Sabtu (2/5)sebelum sesi FP4 sesuai regulasi? Bila ndak ikut sesi FP1sampai 3 dengan sendirinya MM nggak ikutan Q2 yang artinya bakal start di belakang pada raceday.

Soal teknis balapan itu Dr. Mir tentu ogah bicara, bukan urusannya. Yang bisa ia jamin adalah kesiapan MM tampil di rinde 4 MotoGP itu. “Untungnya cidera itu di jari kiri. Sangat membantu karena jari kiri itu tak terlampau banyak digunakan di ajang MotoGP karena tuas kopling hanya dibutuhkan saat start,” tegas sang dokter.

Ya, tuas kopling memang nggak banyak diperlukan saat balapan karena motor-motor pabrikan saat  ini sudah pakai seamless shift gearbox alias SSG. Apa itu SSG dan bagaimana cara kerjanya, silakan sampeyan klik-klik lagi di portal ini karena sudah membahasnya berkali-kali sejak musim 2012. Dr.Mir juga nggak bilang lho kalau maniakmotor.com yang bahas itu SSG pertamakali di Indonesia hehehe!

“Saya pastikan Marc bisa tampil. Jari kirinya tak banyak kerja saat balapan, artinya tekanan pada jari itu juga sedikit.  Tapi, saya tak jamin apakah ia bisa tampil 100%. Yang saya tahu Marc selalu ingin balapan semaksimal mungkin,” imbuh Dr. Mir.

Sesi jumpa pers resmi GP Jerez berlangsung Kamis (1/5). Ditunggu saja apakah MM tampil di situ, tampil di sesi Jumat ataukah muncul pda sesi Sabtu? Tunggu karena sampai saat ini belum ada statement resmi HRC maupun Repsol Honda. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Angin Berpihak Pada Valentino Rossi, Kelingking Marquez Patah

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Lorenzo Jadi Local Hero, Sanggup Nggak Kalahkan Rossi?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Marquez Belum Jelas, Stoner atau Akiyoshi Sebagai Pengganti?

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Tahun Lalu Nomor 2, Sekarang Rossi Fokus Nomor 1

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Spekulasi Soal Marquez, Tampil Ndak di GP Spanyol?

BAGIKAN