nhk

MotoGP 2015 (Jelang LeMans): Gak Pakai Latihan, MM93 pun Wajib Kejar Rossi

ManiakMotor – Persiapan Marc Marquez tak sekeras biasanya. Malah lebih banyak istirahatnya. Tapi, ia tahu kerja keras sudah nunggu di GP Prancis, LeMans, 15-17 Mei dalam rangka ronde ke-5 MotoGP sekaligus dalam rangka udek-udek Valentino Rossi.

Jelang berangkat ke Prancis, MM mampir ke klinik Dr. Xavier Mir di Barcelona, Spanyol, untuk periksa kondisi terakhir jari kelingkingnya yang patahtiga pekan lalu. Hasilnya oke dan gak terasa nyut-nyutan lagi. Itu hal pertama yang bikin jurdun bertahan itu merasa girang.

“Saya tak terlalu banyak latihan jelang LeMans agar kondisi jari sembuh 100%. Sekarang saya merasa jauh lebih sehat, dan itu yang penting pada saat ini,” katanya.

Hal penting berikutnya adalah tampil ganas di LeMans untuk mereduksi ketertinggalan 26 poin dari Valentino Rossi yang memimpin klasemen sejak putaran awal. Misi yang jelas tak mudah mengingat M1 milik Yamaha yang dominan dalam 4 seri awal. Bukan saja milik Rossi, M1 milik Jorge Lorenzo pun tampil garang di Jerez di semua sesi. Itu bikin kepercayaan diri Jl melambung setinggi langit memasuki LeMans. Bisa jadi justru JL yang bakal jadi penghalang utama MM meraih kemenangan di LeMans. Pasalnya, JL pun sama-sama wajib kejar Rossi karena masih rugi 20 poin.

Di sisi lain, kinerja RC213V spek 2015 jelas butuh pengembangan. Itu tampak dari program tes di Jerez dimana MM merasa perlu menguji swingarm baru untuk mengakali traksi ban belakang yang minor. Selan itu, doskipun ngeluh motornya belakangan mulai membangkang saat diajak belokmasuk tikungan. Tak senurut musim lalu dan MM akui RC213V-nya mulai sulit pada area entry corner.

Itu ragam tantangan yang dihadapi. Tantangan lain yang tak kalah seram adalah kondisi cuaca LeMans yang sulit ditebak dan bisa dengan cepat berubah-ubah, bahkan acap dilanda hujan.

“Untul karakater treknya, saya sih suka LeMans. Tahun lalu cuacanya apik dan memudahkan kami bikin setingan apik juga, semoga tahun ini juga begitu,” harap MM yang musim lalu juara di LeMans, melengkapi kemenangan sebelumnya di kancah Moto2 musim 2011.

Dari 7 penampilan di LeMans, MM naik podium 4 kali. Tiga lainnya DNF alias nggak finish, 2 kali di Moto2 dan sekali di Moto3. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Usai Rehabilitasi, Pedrosa Ingin Secepatnya Uji Diri

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Baku Hantam Sesama M1, Rossi atau Lorenzo?

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rada Gawat, Jatah Mesin Marquez Mulai Kritis

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rossi Butuh 3 Rumah Untuk Simpan Piala

BAGIKAN