nhk

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Marquez Mulai Keluhkan Honda

ManiakMotor – Skor sudah 3-1 dalam empat ronde MotoGP 2015. Yamaha telah petik 3 kemenangan, Honda baru 1. Amat sangat jomplang dibandingkan musim 2014. Maka Marc Marquez pun mengeluh soal kinerja RC213V spek 2015.

Sejak meluncurkan spek 2015, MM memang lebih menyukai versi 2014-nya yang memberi 13 kemenangan pada 2014. Pada sesi tes pramusim ia malah gabungkan versi lama dan baru lantaran tak sepenuhnya oke dengan yang baru  disodorkan HRC.

Itu sebabnya MM dari jauh hari bilang tak mungkin sedominan tahun lalu saat memborong serial balapan. Selain pesatnya Yamaha diakhir musim lalu, sebab lain karena RC213V yang ia genjot saat ini masih terasa kurang. “Spek 2015 ini masih sulit diseting untuk dapat grip bagus di roda belakang. Itu problem utama saat ini,” ucap MM yang sejak membesut RC213V pada 2013 tak pernah mengeluh soal motornya.

Itu biasa, tapi bila ada yang lebih kencang, motor sendiri terasa pelan, hehe. Lalu muncul masalah. Seperti sekarang yang dimasalahkan MM soal daya cengkeram ban belakang. Pegangan bannya kurang kuat saat balapan berlangsung lama. Dalam arti ban mulai tergerus setelah banyak putaran. Sebab, faktanya ia tak punya keluhan main saat single lap, baik sesi latihan maupun kualifikasi.

Ia dan pasukan teknisnya kerja keras membenahi area itu dan sudah punya solusi, tapi belum menjamin apakah sudah tokcer saat digeber pada GPPrancis di sirkuit LeMans, 17 Mei nanti. Soalnya, pembenahan yang diharapkan baru akan dicoba pada sesi latihan. “Ada solusi saat tes Jerez, tapi saya belum mencobanya karena tidak terlalu yakin dengan kondisi fisik saat itu,” lanjut MM yang saat tes itu memang masih merasakan sakitnya patah tulang jari kelingking.

Saat ini, katanya, kelemahan grip roda belakang membuatnya keteter melawan Valentino Rossi yang sudah petik dua kemenangan dan Jorge Lorenzo yang menang mutlak di GP Jerez. Ia bahkan mengakui kekalahan di Jerez murni karena motor JL lebih ampuh. Bukan karena MM tengah cidera. “Kalaupun sehat 100% saat itu, sangat sulit melawan Jorge. Sejak akhir tahun lalu Yamaha berkembang pesat dan saat ini mereka punya motor yang sangat kencang,” tandas MM. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Dorna Ingin Rossi Balapan Selama Mungkin

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Semangat Rossi Masuk ke Sirkuit Favorit

MotoGP 2015 Test Jerez (Pasca Race): Honda Berbenah, Siapakan Senjata Baru Marquez

BAGIKAN