nhk

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Semangat Rossi Masuk ke Sirkuit Favorit

 

ManiakMotor – Masa-masa suram Valentino Rossi berlangsung saat gabung dengan Ducati musim 2011-2012. Apek di semua sirkuit, kecuali trek LeMans di GP Prancis. Dua pekan lagi The Doctor kembali tarung di sana.

Rossi hanya petik satu podium sepanjang musim 2011 dan itu ia dapat di LeMans. Lanjut ke musim 2012, ada peningkatan dengan dua kali podium, lagi-lagi di LeMans sebagai runner up dan satunya di San Marino.

Nah, kalau dengan Ducati yang kala itu dianggap ‘memble’ saja bisa podium, logikanya musim ini bisa lebih mantap di atas M1. Terutama sekali karena M1 sudah punya SSG komplit dan itu sangat berpengaruh melibas 14 tikungan LeMans yang banyak  tikungan lambat dan sesudahnya banyak berakselerasi.

Singkat cerita, The Doctor selalu mantaplah main di  LeMans. Mau hujan atau kering sama saja. Dari 15 kali penampilan di kelas primer sejak musim 2000 (GP 500cc), Rossi sudah dapat 10 kali podium. Maka wajar sih kalau podium pada ronde ke-5 musim 2015 pada 17 Mei nanti kembali jadi target. Bahkan potensi juara pun terbuka melihat persiapan khusus The Doctor pada tes Jerez Senin (4/5) lalu.

Seharian itu ia dan pasukan teknis di bawah komando Silvano Galbusera berkonsentrasi membenahi basis set up, terlebih karena kesulitan menyetel motor sepanjang GP Spanyol. Distribusi bobot kembali dibedah, antara lain dengan mengatur ulang jarak antara roda depan dengan belakang yang tentunya dengan sedikit mengoprek-oprek sasis.

Hasilnya, M1 dalam tes itu malah lebih kencang dari waktu maksimal The Doctor di sesi kualifikasi GP Spanyol. Memang hanya lebih kencang 0,01 detik, tapi itu pun sudah sebuah langkah besar di kancah MotoGP. Buktinya, Rossi puas banget dengan pencapaian itu.  “Kami tak ngetes barang baru, semua materialnya sama dengan GP Spanyol.  Hanya memperkaya set up. Feeling di atas motor sangat beda. Sangat menarik dicoba pada LeMans nanti dan sekarang saya bisa rileks beberapa hari,” katanya.

Rossi yang terkenal pekerja keras untuk membangun motornya kini bisa bilang rileks. Itu berarti ia anggap M1 sudah siap tempur dan tinggal dicoba apakah sanggup meraih podium berikut di LeMans atau malah kemenangan lagi? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Tes Jerez (Pasca Race): Yamaha Utak-Atik Variasi Set Up, Rossi Makin Kencang

MotoGP 2015 Test Jerez (Pasca Race): Honda Berbenah, Siapakan Senjata Baru Marquez

MotoGP 2015 Jerez (Pasca Race): Salah Pencet Tombol, Tren Podium GP15 Terhenti

MotoGP 2015 Jerez (Pasca Race): Marquez Serasa Juara, Sempat Takut Didekati Rossi

 

BAGIKAN